Berita Nasional Terpercaya

Berikut 5 Ramuan Mengatasi Asam Lambung, No. 5 Pasti Kamu Suka

0

Bernas.id – Dinding pada lambung memproduksi cairan asam yang digunakan untuk menghancurkan segala jenis makanan yang masuk. Naik turunnya asam lambung juga dapat disebabkan oleh makanan dengan kadar lemak tinggi. 

Pola hidup yang kurang sehat dapat juga mempengaruhi peningkatan asam pada lambung, hindari stres, lakukan olah raga yang teratur sesuai dengan kemampuan tubuh. Makan makanan yang mengandung banyak serat seperti sayuran dan buah-buahan.

Berikut ramuan alami yang dapat mengatasi asam lambung yang berlebih:

1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki khasiat dapat mengobati asam lambung. Sifat kunyit bisa untuk menyembuhkan luka. Kunyit dapat dikonsumsi sehari 2 kali, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur, dengan cara diparut dan diperas untuk diambil sarinya.

2. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat mengobati sakit maag dan asam lambung. Kandungan zat yang terkandung pada tanaman lidah buaya dapat menghambat terjadinya sekresi asam lambung berlebih. Lidah buaya ini dapat diolah menjadi minuman dan dapat dikonsumsi 2 kali sehari dan tidak diperuntukkan untuk ibu hamil.

3. Kemangi hutan

Daun kemangi ini dapat mengatasi asam lambung secara alami. Tanaman ini bisa didapat di daerah Jawa pada dataran rendah. Cara mengonsumsinya hanya dengan memakan daun kemangi tersebut secara langsung ataupun dibuat lalapan sayur pendamping makan.

4. Mentimun

Mungkin sebagian dari Anda kaget mendengar bahwa timun yang biasa Anda konsumsi sehari-hari juga dapat bermanfaat membantu proses penyembuhan penyakit asam lambung. Sifat pada mentimun dapat meredakan asam lambung berlebih. Dengan cara memakannya setiap 2 jam/2 potong timun yang sudah dibersihkan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik jangan lupa untuk mengupas kulit dan membuang bijinya.

5. Kacang Hijau

Kacang ini juga termasuk bahan alami yang dapat meredakan asam lambung yang berlebih, menetralkan asam lambung dan menebalkan dinding lapisan pada lambung. Untuk dapat merasakan manfaatnya, Anda dapat mengonsumsinya setelah dimasak atau dihidangkan menjadi bubur tanpa tambahan santan secara rutin setiap pagi dan sore hari.

Ramuan di atas adalah sebagian bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Sayangilah diri Anda karena sehat itu tidak ternilai harganya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi semua orang, khususnya bagi penderita asam lambung dan maag akut supaya dapat lebih berhati-hati dalam mengatur pola hidupnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.