Berita Nasional Terpercaya

Terlalu Kurus? Tenang! Banyak Cara Menaikkan Berat Badanmu

0

Bernas.id ? Menaikkan berat badan? Ada beberapa orang yang bisa dibilang sulit untuk menaikkan berat badan. Ada yang makannya banyak, tapi berat badannya tidak naik. Kamu jangan iri dulu. Bagi kamu yang makan sedikit berat badan langsung naik. Sama halnya yang memiliki badan gemuk yang ingin memiliki tubuh ramping. Demikian juga yang badannya kurus, mereka juga ingin memiliki tubuh yang berisi.

Orang yang memiliki badan kurus, bukan berarti lebih sehat dari yang berbadan gemuk. Apalagi tubuhnya itu terlalu kurus atau jauh dari berat badan ideal. Badan yang terlalu kurus rentan terhadap penyakit, seperti sistem imunnya yang tidak bekerja secara baik, selain itu mudah terkena infeksi osteoporosis, bahkan patah tulang. Apalagi jika badannya benar-benar kurang atau jauh dari kata ideal, risiko kematian juga semakin tinggi tentunya.

Setelah kamu tahu apa dampak dari tubuh kurus, sekarang kita bahas mengenai penyebabnya. Ada beberapa penyebab kenapa seseorang cenderung sulit menaikkan berat badannya. Yang pertama adalah faktor genetika, jika keluarga kamu memiliki badan yang cenderung kurus atau sulit gemuk berarti kamu kemungkinan terlahir dengan metabolisme yang lebih tinggi dibandingkan orang-orang lainnya. Penyebab kedua, kemungkinan aktivitasmu terlalu tinggi, banyaknya aktivitas fisik atau berlebihan akan membuat kalori lebih banyak terbakar tentunya dan membuat metabolisme kamu lebih tinggi dan cenderung langsing. Penyebab yang ketiga, kemungkinan kamu memiliki penyakit yang mempengaruhi nafsu makan, ada baiknya kamu konsultasikan dengan dokter untuk masalah ini. Penyebab yang keempat, bisa jadi kamu sedang menggunakan obat-obatan tertentu yang menyebabkan rasa mual bahkan muntah dan hilangnya nafsu makan. Dan penyebab terakhir, kemungkinan kamu sedang stres yang dapat mengganggu kebiasaan makanmu. Namun meskipun begitu, tidak setiap orang yang kurus ada masalah pada tubuhnya bisa jadi ada penyebab lainnya. Kamu juga harus konsultasikan ke dokter apabila tubuh kamu terlalu kurus atau jauh dari berat badan ideal. Namun bagi kamu yang tidak terlalu kurus kamu bisa mencoba beberapa cara yang akan diberikan selanjutnya.

Cara menaikkan berat badan setiap orang tidaklah sama, semua tergantung pada penyebabnya. Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menaikkan berat badanmu agar lebih ideal:

1. Makanan

  • Makanlah lebih sering, dengan tingginya asupan makanan yang masuk akan membuat badanmu lebih berisi tentunya.
  • Pilihlah jenis makanan yang kaya akan nutrisi dan hindari makanan instan ataupun siap saji.
  • Hindari soda atau minuman lainnya yang tinggi kalori tapi rendah dalam kualitas gizinya. Cobalah smoothies atau milk shake yang dipadukan dengan buah-buahan. Kamu juga tetap harus mengkonsumsi air putih ya.
  • Cobalah beberapa cemilan yang sehat seperti kurma, jagung rebus, buah-buahan, keju dan kacang kedelai.
  • Pilihlah waktu terbaik untuk minum. 30 menit sebelum makan atau 30 menit setelah makan.
  • Cobalah beberapa makanan yang dipercaya menaikkanberat badan, seperti daging merah, gantilah susu biasa yang kamu minum dengan susu sapi murni, selai kacang cocok bagi kamu yang ingin menaikkan berat badan selain itu selai kacang tinggi akan kandungan folat, magnesium, vitamin E dan juga vitamin B3. Pelajari kandungan pada label selai kacang sebelum kamu membelinya, pilihlah yang alami tanpa pemanis buatan.
  • Makanlah buah-buahan tropis, karena kita hidup di negara Indonesia. Kita tentu sangat beruntung dapat memanfaatkan buah-buahan yang ada di negara kita seperti pepaya, mangga, pisang, dan nanas.
  • Konsumsi alpukat, karena sangat baik untu k menambah asupan lemak sehat bagi tubuh kita.
  • Mengkonsumsi roti gandum khususnya roti gandum murni,adalah langkah awal untuk menambah berat badan secara sehat selain itu baik bagi pencernaan.
  • Pilihlah karbohidrat yang memiliki nilai nutrisi dalam pola makan kamu seperti kentang. Karena kentang mengandung protein yang tinggi, kandungan serat atau fiber dan vitamin C. Makanlah kentang dengan kulitnya agar kamu mendapatkan nutrisi yang optimal. Bersihkanlah hingga benar-benar bersih sebelum kentang direbus

2. Olahraga secara rutin, pilihlah olah raga yang menyenangkan bagi kamu agar kamu tidak merasa bosan dalam menjalankan aktivitas ini. Kamu bisa mengajak sahabat, saudara, ataupun orang tua agar bisa olah raga bersama. Sehingga ketika kamu mulai malas ada sahabat, saudara, dan juga keluarga yang akan menyemangatimu untuk rajin berolah raga hingga menjadi kebiasaan rutin kamu sehari-hari. Tapi ingat jangan berlebihan.

3. Kurangnya kualitas tidur dapat membuat tubuhmu kurus. Maka kamu harus istirahat yang cukup. Tidur jangan terlalu malam dan bangun jangan terlalu siang.

4. Berhentilah merokok, karena merupakan salah satu penyebab meningkatnya metabolisme tubuh yang membuat kita sulit untuk gemuk. Meskipun begitu merokok tetaplah tidak baik bagi kesehatan diri sendiri dan juga orang disekitar kita. Jadikan tujuan utama berhenti merokok karena kamu ingin lebih sehat dan menyehatkan orang lain.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu coba untuk meningkatkan berat badanmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave A Reply

Your email address will not be published.