Berita Nasional Terpercaya

3 Akibat Kalau Kucing Tak Berkumis

0

Bernas.id ? Apakah kamu senang memerhatikan wajah kucing? Tentunya kamu tahu bahwa di dekat hidung kucing terdapat bulu-bulu panjang yang disebut kumis kucing. Tapi apakah kamu tahu apakah sebenarnya apa fungsi kumis kucing? Lantas apa jadinya kalau kucing tidak punya kumis?

Ini dia 3 akibat kalau kucing tidak berkumis:

 1.Sulit Menangkap Mangsa

Kumis adalah salah satu bagian dari tubuh yang penting bagi kucing karena terhubung ke banyak saraf. Oleh sebab itu, kumis kucing sangat sensitif atau peka, mampu mendeteksi perubahan arus udara.

Karena peka terhadap arus udara, kumis juga dapat membantu kucing dalam berburu. Mereka mampu mendeteksi arah gerak mangsanya. Jadi kalau kucing tidak punya kumis, ia akan kesulitan menangkap mangsa.

2.Terjebak di Dalam Lubang

Umumnya, lebar kumis kucing sama dengan lebar tubuhnya. Dengan begitu, kucing dapat menganalisa sebuah lubang.

Kalo kumisnya tidak terlipat saat memasukan kepala ke sebuah lubang, maka ia dapat masuk melalui lubang itu. Sebaliknya, kalau kumisnya terlipat, kucing tahu bahwa ia tidak akan bisa masuk ke dalam lubang.

Kalau tidak punya kumis, kucing akan terjebak di dalam lubang. Itu karena kucing tidak tahu, kalau lubang yang ia masuki terlalu kecil b agi tubuhnya. 

3.Sulit Mengetahui Benda di Dekat Wajahnya

Kucing memiliki kelemahan kesulitan melihat benda yang begitu dekat dengan wajahnya. Untunglah ada kumis yang membuat kucing dapat merasakan sesuatu yang bergerak di sekitar wajahnya. Jadi kalau kucing tidak punya kumis, ia akan kesulitan mengetahui benda yang ada di dekat wajahnya. Kalo benda itu tajam, bisa saja kucing itu terancam keselamatannya.

Karena kumis sangatlah penting bagi kucing, sebaiknya kita tidak perlu menggunting atau memotong kumis kucing peliharaan kita.

Baca juga Kucing Tertinggi Sedunia dan Kucing Ekor Terpanjang Sedunia Ternyata Hidup Serumah 

Leave A Reply

Your email address will not be published.