Berita Nasional Terpercaya

Anak Kecanduan Gadget? Ini 7 Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

0

Bernas.id – Di era digital seperti saat ini banyak kemudahan yang didapatkan. Hanya melalui gadget yang berada dalam genggaman, banyak aktivitas harian yang terbantu dengan mudah. Mulai dari belanja online, baca berita, pesan ojek, pesan makanan, kirim barang hingga berbisnis semua bisa dilakukan melalui gadget. Sehingga penggunaan gadget tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan di era digital ini.

Pengguna gadget tidak hanya dari kalangan dewasa tetapi anak-anak pun tidak terlepas dari penggunaan gadget. Mereka sangat betah berlama-lama bermain gadget-nya seharian di rumah. Seperti bermain games, membuka youtube, mengakses internet atau bermain media sosial. Mereka lebih memilih bermain gadget dibandingkan bermain di lingkungannya.

Dampak penggunaan gadget pada anak akan membuat anak lemah secara motorik. Sehingga mengalami keterlambatan bicara dan mengalami berbagai masalah kesehatan mata akibat terlalu banyak mengonsumsi gadget. Penggunaan gadget yang berlebihan juga membuat hubungan keluarga semakin renggang. Hal ini karena kurangnya komunikasi antar anggota keluarga akibat lebih banyak berkomunikasi dengan gadget masing-masing.

Oleh sebab itu, orang tua harus mengawasi, membimbing serta membatasi penggunaan gadget pada anak. Simak ulasannya berikut ini:

1. Membatasi Penggunaan Gadget

Berilah batasan penggunaan gadget pada anak. Seperti mengatur jadwal mereka bermain gadget. Pada hari Senin sampai Sabtu, mereka boleh menyentuhnya setelah selesai belajar. Sedangkan pada akhir pekan atau hari libur, biarkan anak untuk bermain dengan gadget-nya tetapi tetap dengan batasan waktu yang sewajarnya. Hal ini mungkin akan terasa berat di awal. Tetapi perlahan hal ini akan mulai terbiasa dan membuat kecanduan gadget berkurang.

2. Mendampinginya Setiap Saat

Jika anak sedang ingin bermain gadget, usahakanlah untuk selalu memperhatikan apa saja yang dilakukan anak di gadget tersebut. Berilah batasan waktu dalam penggunaannya. Jangan biarkan mereka bermain gadget secara berlebihan. Karena jika dibiarkan akan menyebabkan ketagihan bermain gadget dan berbagai dampak buruk lainnya.

3. Minimalkan Memegang Gadget di Depan Anak

Anak-anak adalah peniru apa yang mereka lihat. Terutama perilaku kedua orang tuanya. Jika orang tuanya saja tidak bisa membatasi penggunaan gadget, maka jangan heran kalau anak akan protes. Berilah contoh pada anak bahwa orang tuanya dapat hidup beberapa jam tanpa gadget. Maka dari itu, sebisa mungkin simpan gadget di tempat aman yang tidak diketahui anak.

4. Mengalihkan Perhatian Anak

Alihkanlah perhatian anak dengan mengajaknya bermain di luar ruangan. Seperti di halaman rumah atau taman yang dapat membuat anak melupakan gadget-nya. Dengan begitu anak dapat bermain di sekitar lingkungannya dengan teman sebayanya. Mereka dapat bermain permainan tradisional, seperti bermain galasin, engklek, atau karet. Cara ini selain menguras energi juga dapat mengasah keterampilan sosial pada anak.

5. Melibatkan Anak Pada Kegiatan di Rumah

Libatkanlah anak untuk membantu berbagai aktivitas di rumah seperti memasak, membersihkan rumah, membereskan rak buku, merapikan tempat tidur dan menyiram tanaman. Meskipun pekerjaan ini diselesaikan dalam waktu lama, tetapi kegiatan ini cukup menyenangkan bagi mereka.

6. Mengajak Anak Rekreasi

Jika berada di lingkungan rumah terus anak anak akan menjadi jenuh dan berusaha untuk bermain dengan gadget-nya lagi. Maka dari itu  ajaklah anak ke berbagai tempat yang dapat menambah pengetahuan mereka. Seperti mengunjungi museum yang cukup menarik dan menyenangkan untuk anak-anak.

7. Mengajaknya Berdiskusi

Cara terakhir untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak adalah dengan mengajaknya berdiskusi. Berikan pemahaman kepada anak agar tidak berlebihan dalam bermain gadget. Kemudian paparkan dampak buruk yang akan mereka dapatkan jika kecanduan gadget. Seperti prestasi sekolah akan menurun. Dengan begini anak diharapkan memahami tujuan orangtua dalam mengatasi kecanduan gadget.

Kecanduan gadget pada anak tentunya menjadi hal yang harus diatasi. Jangan sampai kecanduan gadget ini memberikan dampak yang semakin buruk jika terus saja dibiarkan. Dengan mengetahui tips di atas diharapkan dapat membantu mengatasi kecanduan gadget pada anak. Jadilah orang tua yang selalu mengawasi penggunaan gadget pada anak dan memberikan pemahaman pada anak tentang dampak dari gadget.

Leave A Reply

Your email address will not be published.