Berita Nasional Terpercaya

Demen Makan Tapi Takut Gemuk? Begini Cara Mengatasinya!

0

Bernas.id – Bisa makan apa saja tanpa takut resiko gemuk atau penyakit, menjadi dambaan setiap orang. Apalagi yang punya hobi kuliner. Sudah pasti akan menjelajah untuk menyicipi setiap makanan yang pastinya bikin air liur menetes. Namun, ada ketakutan tersendiri ketika hobi tersebut tidak dapat dikendalikan. 

Tenang! Gak usah galau sob! Kamu tetap bisa kok melanjutkan hobimu itu tanpa takut gemuk? Caranya?

1. Kurangi makanan yang mengandung gula tinggi

Gula, bisa diperoleh secara alami maupun sintetik. Gula alami cenderung lebih aman dikonsumsi tubuh karena mudah diserap dan akan dijadikan sebagai sumber energi. Namun gula sintetik cukup berbahaya jika dikonsumsi tubuh. Pasalnya gula sintetik tidak dapat diserap tubuh dan akan menumpuk dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Akibatnya, pankreas akan bekerja lebih keras dalam memproduksi insulin. Jika pankreas dipaksa untuk bekerja lebih keras, dapat menyebabkan kerusakan. So, hati-hati! Mungkin saja diabetes sudah mengintai.

2. Kurangi Karbohidrat

Karbohidrat ini juga masuk dalam golongan gula. Sifatnya yang mengenyangkan, menjadikan seseorang yang telah mengonsumsi karbohidrat tinggi akan merasakan perut penuh sepanjang hari. Akibatnya keinginan untuk makan makanan jenis yang lain jadi berkurang. Sehingga variasi gizi yang masuk dalam tubuh jumlahnya terbatas. Di antara janis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah, nasi, jagung, umbi-umbian, roti dan gandum.

3. Perbanyak makan serat

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena membantu memperlancar proses pencernaan. Mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup akan membantu membuang kotoran dan sisa metabolisme dalam tubuh sehingga tidak menumpuk. Jenis makanan yang banyak mengandung serat di antaranya buah dan sayur. Usahakan mengonsumsi buah sebelum makan makanan berat. Karena buah akan menjadi basa di dalam tubuh sehingga dapat menetralkan asam di lambung. 

4. Perbanyak Minum Air Putih

Kebutuhan air putih harian manusia minimal 2 liter. Namun itu bukanlah patokan yang harus dilaksanakan. Karena bisa jadi kebutuhan tiap orang berbeda. Tergantung dari aktivitasnya. Semakin banyak aktivitas yang dilakukan, maka kebutuhan air putih juga semakin banyak. Hal ini selain untuk menghindari dehidrasi, juga berfungsi untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh. 

5. Olah Raga Teratur

Olah raga tidak harus mahal. Bisa dilakukan dengan cara sederhana dan murah. Misalnya, jogging atau senam. Yang penting ada gerakan teratur yang dapat membantu mengeluarkan keringat. Bekerja bukan termasuk olah raga, lo! Jadi kalau kamu termasuk pekerja keras, tetap harus meluangkan waktu untuk berolah raga. 

So, dengan beberapa hal di atas kamu tetap bisa makan apapun asal dijaga keseimbangannya. Gantilah makanan berat dengan makanan yang sehat. Sayangi tubuh kamu, karena kesehatan adalah aset paling berharga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.