Berita Nasional Terpercaya

Tol Sumatera Belum Sepenuhnya Rampung, Menteri Rini Yakin Dapat Digunakan Saat Asean Games 2018

0

BANDARLAMPUNG, Bernas.id – Olahraga se-asia yakni Asean Games, akan di gelar di Palembang, Sumatera Selatan tahun 2018 mendatang. Namun, masih ada beberapa titik kendala terkait pembebasan lahan dalam pengerjaan proyek Jalan Tol Trans Sumatera.

Kendati demikian, Rini Soemarno selaku Menteri BUMN RI meyakini, Jalan Tol Trans Sumatera siap digunakan menjelang Asian Games 2018.

“Kemarin kami bersama dua kementerian lain, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Kementarian Agraria Tata Ruang (ATR) serta Pemda Lampung melakukan ulasan tentang perkembangan proyek Jalan Tol Trans Sumatera,” kata Rini Soemarno kepada para wartawan, Jum?at (10/11/2017).

Lebih lanjut Rini mengatakan, penyelesaian soal pembebasan lahan dan ganti ruginya kepada masyarakat ditargetkan selesai pada akhir November 2017.

Rini pun menegaskan, tidak ada persoalan lain, selain masalah pembebasan lahan saja dalam pembangunan proyek tersebut.

“Tadi saya sudah memantau melalui udara, memang masih banyak titik-titik terputus yang menghubungkan Lampung ke Palembang. Tapi Insya Allah, Juni 2018 jalan tersebut sudah dapat dimanfaatkan untuk Asian Games,” terangnya.

Terkait perkembangan terakhir pembangunan proyek Jalan Tol Trans Sumatera untuk ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung sepanjang 185 kilometer, ditargetkan selesai pekerjaan konstruksinya pada Juni 2018.

Pasalnya, ruas tol ini akan digunakan untuk mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.

Terakhir, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar saat ini konstruksi telah mencapai 35,49 persen dari panjang 140 kilometer. Konsesi tol ini selama 40 tahun dengan investasi mencapai Rp 16,759 triliun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.