Berita Nasional Terpercaya

Jualan Gratis dan Powerfull Via Instagram? Ssst, Ada Triknya Lho!

0

Bernas.id ? Bisnis online begitu menggoda bagi sebagian orang. Bagaimana tidak? Sudah banyak kisah sukses nyata dari pebisnis online yang berhasil bergelimpangan uang. Namun mencapai kesuksesan dalam bisnis online tak semudah yang dibayangkan. Akan banyak proses dan tantangan yang harus dilewati. Ilmu-ilmu penjualan (marketing) termasuk ilmu yang wajib dipelajari jika ingin sukses dalam berbisnis.

Khusus bisnis online, marketing dapat dilakukan melalui berbagai media sosial, salah satunya adalah Instagram. Media sosial yang berisi foto dan video ini bahkan memiliki layanan iklan berbayar bagi pebisnis online dengan harga yang terjangkau. Namun bagi pebisnis pemula yang masih mengirit pengeluaran, tentunya lebih suka cara yang gratis. Inilah cara gratis agar akun Instagram bisnis kamu lebih menghasilkan.

1. Nama akun kata kunci

Pertama buatlah nama akun yang mengandung kata kunci. Tujuannya adalah agar produk kamu mudah ditemukan oleh calon pembeli. Karena biasanya pembeli lebih sering mencari keinginannya menggunakan nama produk. Misal kamu jualan tas, maka buatlah nama akun sesuai produkmu, ditambah dengan kata marketing (jual, pusat, toko) di depannya, plus bisa divariasikan dengan garis bawah atau titik. Contohnya:

@tokotaskekinian,

@jual_tas_wanita

@pusat.tas.branded

2. Hastag kata kunci

Selain menggunakan nama akun, kamu juga bisa mengguakan fasilitas hastag (tanda pagar) yang ada di Instagram. Gunakanlah hastag-hastag yang powerfull, caranya bagaimana? Intip saja kompetitor, lihatlah apa saja hastag yang sering mereka gunakan. Lalu terapkan pada bisnismu, kemudian variasikan dengan kata kunci lainnya. Hastag yang tepat dan bervariasi akan membuat produkmu semakin mudah ditemukan oleh calon konsumen.

3. Rajin upload dan follow target

Nah ini tantangan bagi pengguna Instagram marketing gratisan. Kamu harus rajin menggerakkan jari-jarimu. Rajin untuk upload produk sesering mungkin, kemudian rajin mem-follow target pasarmu. Semakin kamu rajin, maka produk kamu akan sering nampang di Instagram. Semakin kamu rajin, maka peluang target pasar follow back akun jualanmu akan makin besar. Jadi intinya, rajin adalah kuncinya!

4. Upload di jam-jam efektif

Kamu rajin upload tapi omzet tak meningkat? Coba tanyakan pada dirimu sendiri, jam berapa kamu sering upload? Masih acak? Mungkin itu penyebabnya. Tahukah kamu, ada ilmu mengenai jam-jam berapa saja yang efektif untuk meng-upload produk di media sosial, termasuk Instagram. Jam berapa saja?

Pagi: Jam 06.00 dan 09.00 WIB (saat aktivitas belum padat),

Siang dan sore: Jam 12.00-17.00 WIB (saat jam istirahat),

Malam: Jam 19.00, 20.00 dan 21.00 WIB (saat pulang kerja dan menikmati waktu santai).

Kamu merasa sering mengecek media sosial saat jam-jam tersebut? Nah begitu juga dengan calon konsumenmu. Gunakan sebaik-baiknya waktu tersebut untuk meng-upload produkmu.

5. Ikut komentar di akun-akun target market

Buat apa ikut komentar di akun-akun lain? Jangan salah, strategi ini cukup powerfull jika kamu mempraktikkannya dengan konsisten. Komentar bukan di sembarang akun ya, namun di akun yang berisi target marketmu. Misal kamu jualan tas wanita, maka carilah akun-akun tempat di mana wanita berkumpul. Nimbrunglah di postingan akun tersebut lewat komentar, itu secara tidak langsung memerkenalkan akun jualanmu pada target market.

Efeknya? Target market bisa tertarik untuk mengintip akun kamu, bahkan bisa follow. Jika sudah mengikuti akun jualanmu, tentu peluang closing lebih tinggi. Betul?

Itulah cara-cara Instagram marketing yang dapat kamu lakukan, gratis! Selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.