Berita Nasional Terpercaya

Inilah Daftar Makanan dari Bahan Jamur Tiram, Nomor 5 Sangat Menggiurkan. Cobain Yuk!

0

Bernas.id ? Semangat pantang menyerah, itulah yang patut kita tujukan kepada suatu kelompok usaha jamur tiram. Pada musim hujan seperti ini, kualitas jamur tiram akan memiliki kandungan air yang lebih tinggi daripada biasanya. Kondisi tersebut memungkinkan jamur tiram cepat rusak dan membusuk, sehingga tidak laku di pasaran.

Hasil panen jamur tiram yang setiap hari bisa mencapai 50 kg, untuk sebuah industri kecil, cukup memuaskan bagi pengelolanya. Namun jika tingkat kerusakan tinggi maka sudah dapat dipastikan kerugian pun akan meningkat. Oleh karena itu, diperlukan otak-otak yang cerdas guna mengantisipasi masalah tersebut.

Selalu ada banyak cara agar bisa melewati masalah ini. Jamur tiram yang dipanen dalam kondisi bagus tanpa cacat langsung bisa dikemas dalam plastik bening untuk dijual di pasar tradisional, supermarket atau tukang sayur keliling. Sedangkan jamur yang rusak bagian tudungnya disisihkan dalam wadah tersendiri. Nantinya dapat diolah menjadi makanan jadi.

Beberapa kelompok usaha jamur tiram di wilayah Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah telah melakukan kegiatan ini sejak 2012 lalu. Berbekal dari pelatihan budidaya jamur tiram yang diselenggarakan atas kerja sama PNPM Mandiri Perdesaan dengan sebuah lembaga kursus yang membidangi program kewirausahaan masyarakat. Inilah beberapa makanan hasil olahan jamur tiram:

1. Jamur tiram crispy;

Jamur tiram dimasukkan ke dalam tepung bumbu lalu digoreng dalam minyak panas. Matangnya kering kriuk-kriuk.

2. Keripik jamur tiram;

Cara pembuatan keripik jamur tiram seperti jamur tiram crispy, bedanya setelah matang, ditiriskan sejenak hingga dingin kemudian digoreng untuk kedua kalinya. Hasil penggorengan kedua itulah yang kemudian disebut keripik jamur tiram.

3. Bakso jamur tiram;

Pembuatan bakso jamur tiram sama dengan pembuatan bakso daging sapi atau bakso daging ayam. Digiling sedemikian rupa kemudian dibuat bulatan-bulatan kecil seperti bakso pada umumnya.

4. Sop jamur tiram;

Jamur tiram dalam sop bisa sebagai pengganti daging. Sifat jamur yang kenyal dipadukan dengan bumbu alami yang khas akan menjadi cita rasa istimewa yang tak kalah nikmatnya dengan sop sapi, sop kambing, sop ayam.

5. Sate jamur tiram;

Ini dia yang unik dan khas. Sate jamur tiram ternyata bukan dibuat dari tudung jamurnya, namun lebih banyak dibuat dari batang kenyalnya. Batang jamur tiram diiris/dipotong sebesar dadu lalu dikukus. Setelah matang tinggal dirangkai dalam tusuk sate dan dibakar. Bumbu sate jamur tiram suka-suka selera masing-masing. Ada bumbu sambel kecap, atau bumbu kacang, atau kombinasi bumbu sate pada umumnya.

6. Nugget jamur tiram;

Pembuatan nugget jamur agak sedikit repot, yaitu harus melalui tahapan penghalusan (blender), dibungkus plastik, lalu dikukus. Hasilnya dipotong-potong kemudian dimasukkan ke kulkas. Kalau mau digoreng tinggal dikeluarkan dari kulkas dan dimasukkan ke dalam wajan berminyak panas.

Masih adakah makanan lain yang diproduksi dari jamur tiram? Silakan berbagi ilmu dengan masyarakat luas! Dalam hal ini dibutuhkan tangan-tangan terampil yang mampu menyulap jamur tiram tadi agar tetap mendatangkan rupiah walaupun dimusim hujan atau saat jamur tiram tidak menarik apabila dijual mentahnya. Masyarakat desa di manapun berada bisa meniru usaha budidaya jamur tiram ini. Modal murah, pengelolaan mudah, balik modal duitnya juga cepat.

Salam dari desa!

Leave A Reply

Your email address will not be published.