Berita Nasional Terpercaya

Lakukan Hidup Sehat Dengan Cara Ini!

0

Bernas.id – Tepat pada tanggal 12 November 2017, kita kembali memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-53. Peringatan ini, mengusung tema 'Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku'. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof.Dr.dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K) dalam Panduan Hari Kesehatan Nasional 12 November 2017,  “Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat Melalui Pendekatan Keluarga di mana keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.” 
Selain Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga, ada juga program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang ikut di suarakan. 

Melakukan kegiatan hidup sehat, kamu bisa memulainya dengan beberapa hal ini:

1. Melakukan Aktifitas Fisik

Jaman sekarang, banyak orang yang sudah dipermudah oleh adanya teknologi. Seperti kendaraan ataupun gadget. Kita jadi malas bergerak dengan adanya teknologi. Kenapa ? Karena kebanyakan dari kita, ingin membeli sesuatu saja tinggal klik 'pesan'. Ingin ke tempat yang tidak terlalu jauh, pakai kendaraan. Ingin cuci baju yang jumlahnya tidak terlalu banyak, tinggal pakai mesin cuci. Karena malas gerak, bisa timbul penyakit. Mulai sekarang, jangan malas bergerak ya, guys!. Setidaknya, dua kali seminggu lakukanlah olahraga. Kamu juga bisa memanfaatkan hari libur untuk keluar bersama anggota keluarga atau teman-teman dengan berjalan kaki atau naik sepeda menelusuri komplek rumah.

2. ?Mengatur Pola Makan

Mengatur pola makan itu sangat penting. Karena kita bisa menjaga asupan gizi yang masuk ke tubuh. Kita bisa memperbanyak makan sayur dan buah. Jangan melulu makan daging ya, guys!

3. ?Menjauhi Hal-Hal yang Merusak Tubuh

Nah, setelah pola makan dijaga. Maka penting bagi kita untuk menjauhi diri dari hal-hal yang dapat merusak tubuh. Seperti, mengkonsumsi narkoba, meminum alkohol, dan merokok. Say no ya!

4. ?Melakukan Cek Kesehatan Secara Berkala

Melakukan cek kesehatan secara berkala itu sangat penting lo. Kita bisa mengetahui kondisi tubuh kita sedang sehat atau tidak. Misalnya dengan rutin melakukan cek kadar gula darah. 

5. ?Menjaga Kebersihan Lingkungan

Nah, ini yang terakhir nih guys. Jika beberapa hal di atas sudah dilakukan, maka penting bagi kita untuk menjaga kebersihan lingkungan. Karena meskipun kita sudah melakukan poin 1-4, jika point ke-5 tidak dilakukan, maka sama saja dengan bohong. Sumber penyakit bisa saja datang melalui udara yang kotor, yang bersumber dari sampah atau kotoran yang dibuang di selokan dan sungai. Lingkungan yang kotor juga bisa menyebabkan sarang bagi nyamuk dan binatang seperti kecoa dan tikus lo. Mulai membersihkan lingkungan kita, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Lakukan kegiatan bersih-bersih rumah secara rutin ya! Biar penyakit tidak menular ke tempat lain.

Hidup sehat itu penting untuk menjauhi diri kita dari berbagai penyakit. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Ayo, kita mulai dengan melakukan hidup sehat dari lingkungan keluarga kita. Jadilah masyarakat sehat, yang bisa produktif. Setidaknya mampu berkontribusi untuk kemajuan negaranya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.