Berita Nasional Terpercaya

Tidak Hanya Nikmat, Durian Juga Punya Segudang Manfaat Untuk Kesehatan

0

Bernas.id – Kabar baik datang untuk Anda yang menjadi penikmat durian. Buah berkulit duri dengan tekstur kuning lembut ini, selain mempunyai rasa yang enak ternyata juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Yuk, cari tahu segudang manfaat durian di sini!

Serat

Buah Durian ternyata mengandung serat di dalamnya, ada dua jenis serat yang terkandung dalam buah durian yaitu serat larut dan serat tidak larut, keduanya sama-sama zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti yang Anda ketahui, serat merupakan zat yang dapat melancarkan sistem pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyakit diabetes, membantu menjaga kesehatan usus, dan masih banyak lainnya.

Kalium

Selain mengandung serat yang tinggi, buah durian ternyata juga mengandung kalium di dalamnya. Kalium atau potassium adalah mineral yang sangat penting unuk kesehatan tubuh. Kalium bermanfaat untuk membuat sel-sel, jaringan, dan seluruh organ tubuh berfungsi dengan baik, selain itu kalium juga sangat penting untuk menjaga kesehatan otot dan jantung.

Tinggi Antioksidan

Zat tinggi antioksidan saat ini menjadi zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan salah satunya terdapat dalam buah durian.  Zat ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Kalori

Kandungan kalori di dalam buah durian sekitar 357 kalori. Kalori berfungsi untuk mengontrol berat badan dengan cara menghitung kebutuhan kalori pada tubuh untuk setiap harinya (tidak kurang dan tidak lebih), menunjang aktivitas tubuh, menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh, serta menjadi sumber energi tubuh. Karena jika Anda kekurangan kalori maka tubuh Anda akan mudah lelah, lesu, dan tidak bersemangat.

Karbohidrat

Segelas daging buah durian mengandung 130 gram karbohidrat, jumlah ini sudah mencukupi setengah dari kebutuhan karbohidrat manusia dalam sehari. Sehingga buah durian akan membuat kenyang. Jangan terlalu banyak makan buah durian, karena zat karbohidrat di dalamnya dapat menyebabkan resiko penambahan berat badan.

Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam buah durian terbilang tinggi, yaitu sekitar 80 persen setiap satu cangkir daging buah durian. Vitamin C sangat berguna untuk kesehatan tubuh dalam memelihara pembentukan kolagen dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Tritopan

Tritopan adalah obat tidur alami yang terdapat di buah durian. Tritopan ini berfungsi untuk mengatur metabolisme menjadi berbagai neurotransmitter, dan dapat membantu dalam induksi tidur, bahkan menjadi pengobatan untuk epilepsi.

Zat Besi

Di dalam satu porsi buah durian mengandung sekitar 25 persen dari asupan zat besi yang direkomendasikan. Zat Besi ini bermanfaat dalam pembentukan sel-sel darah merah yang sehat. Tidak hanya itu, Durian juga mengandung mangan yang membantu kesehatan tulang dan kulit.

Leave A Reply

Your email address will not be published.