Berita Nasional Terpercaya

Belajar Bersyukur Lewat Mata, Mantap Sekali!

0

Bernas.id – Mata adalah jendela dunia. Mata adalah alat yang kita gunakan untuk melihat seluruh keindahan yang ada di dunia ini. Tapi terkadang kita acuh tak acuh akan segala apa yang telah kita miliki. Bila kita mengetahui cara kerja mata, apa yang telah dilakukan mata ini, akan membuat kita akan selalu bersyukur..

1. Kelopak mata

Kelopak mata adalah bagian terluar pada mata yang berfungsi sebagai pelindung mata. Kelopak ini ibarat rumah bagi mata yang akan tertutup dan terbuka dengan sendirinya ketika kita berkedip. Sehingga membuat mata kita selalu lembab dan basah. Bayangkan bila kelopak mata ini mengeluh lelah dangan pekerjaannya untuk berkedip setiap hari dan ingin resign karena bosan melakukan hal itu saja secara terus menerus? Lantas apa yang terjadi pada mata kita, tentu mata akan menjadi perih dan kering. Bersyukurlah kelopak mata tidak memiliki pemikiran seperti itu.

2. Lensa mata

Tidak hanya pada kamera, ternyata mata juga memiliki lensa yang berguna sebagai alat untuk menangkap cahaya. Lensa ini memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dari lensa pada kamera. Ia mampu untuk memfokuskan objek yang kita lihat dan mampu bergerak serta menangkap cahaya sangat cepat dibanding lensa pada kamera. Ketika kita melirik ke kanan dan ke kiri dengan sekejap kita mampu melihat sekeliling kita, sedangkan lensa kamera tidak mampu melakukan melakukan hal semenakjub itu. Masih tidak bersyukur?

3. Pupil

Tidak hanya sampai pada lensa, cahaya ini akan terus berjalan ke ruang lebih dalam lagi pada mata yaitu pupil. Pupil ini berfungsi layaknya pintu masuk, ia menerima cahaya yang telah di tangkap oleh lensa. Kemudian cahaya yang melewati pupil akan terus dilanjutkan menuju retina. Jadi, cahaya yang telah ditangkap oleh lensa tidak selamanya berdiam diri di lensa, sebab lensa akan meneruskannya ke pupil.

4. Retina

Setelah cahaya ditangkap oleh lensa dan telah melewati pupil, cahaya itu akan menuju ke retina. Retina adalah alat untuk mentransfer gambar dan cahaya yang diterima menuju otak. Setelah sampai ke otak, otak akan mengolahnya dan pada saat itulah kita mengetahui apa yang telah kita lihat.

Bayangkan ada berapa perantara yang cahaya lalui sampai kita mampu melihat. Namun pada nyatanya dalam waktu sekejap saja kita mampu melihat banyak hal. Betapa luar biasanya kemampuan mata yang kita miliki. Sunggah Allah benar-benar telah menciptakan kita dalam bentuk sebaik-baiknya. Kita sering mengeluh akan segala tugas kehidupan yang berat. Tapi bila kita sadar akan apa yang telah dilakukan oleh mata, tentu kita akan selalu bersyukur akan nikmat melihat ini.

Allah telah menciptakan kita dengan sangat luar biasa. Lalu, mengapa kita tidak menjaga sebaik-baiknya? Maka, bersyukurlah bagi kita yang telah dianugrahi mata, sebab tidak semua orang diberikan anugerah terindah ini. Jagalah sebaik-baikya titipan Allah ini dengan selalu menggunakan mata untuk hal kebaikan, jangan digunakan untuk melihat suatu keburukan. Sebab apa yang kita lihat, akan berpengaruh untuk kepribadian kita. So, jangan lagi suka mengeluh ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.