Berita Nasional Terpercaya

Canggih, Pil Ini Dilengkapi Dengan Perangkat Sensor Mini

0

Bernas.id ? Meminum obat secara teratur adalah salah satu cara supaya penyakit yang diderita seseorang bisa lekas disembuhkan atau setidaknya ditangani. Namun karena beragam sebab, tidak jarang seorang pasien tidak mengkonsumsi obat secara teratur dan tidak mau mengakuinya di hadapan dokter.

Terobosan unik pun dikembangkan oleh produsen obat Otsuka berbasis di AS. Mereka mengembangkan pil khusus bernama Abilify MyCite untuk mengobati penyakit-penyakit syaraf seperti skhizofrenia, kelainan bipolar, dan depresi.

Apa yang membuat Abilify MyCite berbeda jika dibandingkan dengan obat-obat sejenis adalah Abilify MyCite dilengkapi dengan teknologi sensor. Jika pil tersebut sudah ditelan, maka sensor yang terkandung dalam pil akan mengirimkan pesan ke smartphone sebagai pertanda kalau sang pasien sudah meminum obatnya.

Sensor itu sendiri berukuran sebesar butiran pasir dan aman untuk pencernaan. Begitu sensor tersebut terkena asam lambung, sensor yang sama akan mengirimkan pesan ke smartphone. Waktu yang diperlukan oleh sensor tadi untuk mengirimkan pesan berkisar antara 30 menit hingga 2 jam.

Lembaga FDA yang menangani masalah peredaran obat-obatan di AS sudah memberikan izin resmi atas penggunaan Abilify MyCite pada tanggal 13 November. ?FDA mendukung pengembangan dan penggunaan teknologi baru dalam obat-obatan resep dokter dan berkomitmen untuk bekerja sama dengan perusahaan untuk memahami bagamana teknologi ini membantu pasien dan dokter,? kata staf FDA Mitchell Mathis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.