Berita Nasional Terpercaya

Mobil Setya Novanto Menabrak Tiang Listrik! Eits, Tiang Listrik yang Mana?

0

Bernas.id ? Setya Novanto (Setnov) menjadi headline lagi. Berita Ketua DPR ini mengalami kecelakaan tunggal menabrak tiang listrik, mewarnai semua media online dan cetak belakangan hari ini. Salah satu media bahkan secara detail menggambarkan tiang listrik yang menjadi bengkok, dan beton penahan yang menjadi retak dan bergeser.

Terlepas dari Setnov yang kini terbaring di rumah sakit setelah tabrakan tersebut, yuk mengenal lebih jauh beberapa tipe tiang listrik.  

1. Tiang kayu

Ini adalah tipe pertama yang digunakan pada masa awal pendistribusian listrik. Hanya saja, penggunaan tiang kayu semakin dikurangi seiring dengan isu lingkungan. Penebangan yang bersifat masif hanya untuk kepentingan pembuatan tiang menjadi kontra produksi yang sangat tidak menguntungkan. Tetapi, tipe ini  masih menjadi pilihan di beberapa daerah pedalaman Indonesia. Bahkan di satu lokasi, pohon kayu utuh pun beralih fungsi menjadi tiang penyalur listrik.

2. Tiang komposit

Bahan baku tipe tiang ini adalah kombinasi kayu reklamasi, serat padat, plastik hingga fiber glass. Tipe ini sangat mengurangi kebutuhan terhadap tiang kayu, dan pada mulanya dianggap akan mengeleminasi kerusakan lingkungan. Hanya saja, pembuatan yang membutuhkan waktu, biaya dan sumber energi lebih, menjadikan tipe tiang ini justru dianggap lebih merusak lingkungan.

3. Tiang besi baja

Sejauh ini, tipe tiang ini dianggap paling kuat, layak dan memungkinkan. Hanya saja, perawatan rutin menjadi sangat dibutuhkan, karena tipe ini mudah terkena karat. Selain itu, sistem peredaman juga diperlukan karena jenis tiang ini pun menyalurkan listrik. Satu hal yang juga sangat bermanfaat dari tiang tipe ini adalah, menjadi alternatif kentongan pada saat ronda malam atau keadaan darurat.

4. Tiang beton

Dewasa ini, tipe inilah yang menjadi pilihan. Kekuatan, daya tahan terhadap karat dan cuaca, serta bentuk yang dapat disesuaikan menjadikannya tipe yang paling sering terpakai di semua kondisi dan area. Pencetakan bentuk beton pun relatif lebih murah dan mudah.

Namun, terlepas dari apapun bahan pembentuknya, benturan sangat keras tetap saja akan membuat tiang listrik menjadi penyok, melengkung atau bahkan patah. Apalagi jika pembenturnya adalah kendaraan dengan tingkat kekuatan benturan lebih tinggi. Sangat mungkin bentuk lengkungan memarah tak karuan. Ingat, apapun tipenya, tak ada tiang yang sempurna, bukan?

Leave A Reply

Your email address will not be published.