Berita Nasional Terpercaya

Jokowi: Bangun Trans Papua Wujud Selesaikan Ketimpangan Indonesia

0

JAKARTA, Bernas.id – Presiden Joko Widodo menyebutkan dapat pertanyaan apakah ada jaminan pembangunan Trans Papua akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di provinsi itu. Ia pun menjawabnya dengan menggunakan logika telur dan ayam.

“Ini kan kaya telur sama ayam, dibangun dulu jalannya terus ekonomi tumbuh atau kita tunggu ekonomi tumbuh baru dibangun jalan,” ujar pria yang akrab disapa Jokowi saat menghadiri sarasehan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (17/11/17).

Pada kesempatan itu, ia meminta semua anggota DPD yang hadir untuk membantu upaya pemerintah membangun infrastruktur di daerah termasuk Papua.

“Jangan kita bangun Trans Papua malah ada dari DPD menanyakan untuk apa itu. Trans Papua ini kita bangun agar sekali lagi ketimpangan infrastruktur Indonesia barat, tengah dan timur jadi seimbang,” ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Wamena, Papua. Menurut Jokowi, harga semen di daerah itu sampai Rp 800.000 per sak.

“Di bulan-bulan cuaca tidak baik kadang bisa 1,5 juta dan di kabupaten tertentu bisa 2,5 juta,” kata Jokowi.

Sementara di Pulau Jawa harga semen per saknya hanya sekitar Rp 70.000 ? Rp 80.000. Hal yang sama juga terjadi pada bahan bakar minyak (BBM). Ia berhasil menyamakan satu harga BBM di seluruh Indonesia.

“Ini bukan masalah ekonomi, ini masalah keadilan bagi seluruh rakyat indonesia,” tegas Jokowi disambut tepuk tangan anggota DPD yang hadir. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.