Berita Nasional Terpercaya

Kiat Sukses Ujian Nasional Berbasis Komputer UNBK 2018

0

Bernas.id – Simulasi satu UNBK tahun 2018 tingkat SMK, SMA telah selesai dilaksanakan secara serentak di Indonesia. UNBK kabarnya akan dilaksanakan pada bulan April 2018. Harapannya adalah pada momen ini dapat memperoleh hasil yang gemilang. Mau sukses UNBK 2018? Nah, simak tips berikut ini!

1. Melek teknologi;

Kunci utama UNBK adalah mahir dalam menggunakan komputer. Oleh karenanya kita harus terampil menggunakan komputer, karena ini modal utama kita dalam melaksanakan UNBK.

2. Asah mental juara;

Kesiapan Anda dalam menguasai materi pelajaran akan percuma saja, jika Anda tidak memiliki kepercayaan diri. Sejak awal duduk dikelas XII (duabelas), Anda harus membangun tekad, “Saya siap UNBK!”

3. Ubah kebiasan buruk;

Prestasi kita akan terhambat jika kebiasaan buruk tetap melekat dalam kehidupan kita diantaranya

  • Nongkrong bersama kawan-kawan hingga larut malam;
  • Main game online / offline baik di PC maupun di Smart Phone;
  • Nonton film sampai larut malam;
  • Begadang tidak jelas hingga larut malam bahkan hingga pagi hari.

4. Disiplin dalam waktu;

Bangun pagi, jika Anda tidur larut malam maka otomatis sulit bangun pagi;

Mempersiapkan perlengkapan sekolah di malam hari, agar pagi tidak tergesa-gesa sehingga ada perlengkapan sekolah yang tertinggal;

Konsisten dalam belajar, setiap hari misal 1 jam setelah sholat Isya' atau setelah Subuh;

Estimasi waktu tempuh dari rumah ke sekolah, sehingga masih ada jeda waktu 15 menit untuk mempersiapkan diri melaksanakan UNBK.

5. Memahami materi pelajaran;

Ini merupakan hal pokok untuk dikuasai Anda: Belajar dengan tekun di kelas (bertanya kepada guru materi yang belum paham); Mengikuti Bimbel, baik yang diselenggarakan sekolah atau pihak luar; Googling, semua keterbatasan keilmuan bisa ditanya kepada “Mbah Google”; Membuat catatan, bukan sebagai contekan tetapi sebagai bahan acuan pengingat pelajaran; Lakukan diskusi dengan kawan sekelas untuk membahas materi pelajaran.

6. Minta maaf kepada orang tua;

Ingatlah bahwa ridho orangtua kita adalah ridho Allah. Sebelum menempuh UNBK meminta maaflah terhadap orang tua kita atas kesalahan kita. Bukan hanya orang tua saja bahkan orang-orang disekitar kita terutama orang yang pernah kita sakiti.

7. Ibadah;

Sekeras apapun upaya kita jika kita tidak beribadah maka akan sia-sia usaha yang telah kita upayakan. Ibadah yang dilakukan: sholat 5 waktu, puasa sunah, sedekah, santunan anak yatim.

8. Ikhlas;

Jika Niat sudah, ikhtiar sudah, sholat/berdoa sudah, sekarang tinggal menanamkan keikhlasan dalam diri kita.

9. Tawakal.

Langkah terakhir adalah tawakal yaitu berserah diri kepada Allah SWT. Apapun hasil akhir kita harus menerima dengan lapang dada, tidak perlu resah atau khawatir dan merasa sia-sia usaha kita, karena ingatlah, yang terbaik menurut kita belum tentu yang terbaik menurut Allah SWT.

Semoga bermanfaat, buatlah diri dan orang-orang disekitar Anda bangga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.