Berita Nasional Terpercaya

‘To Install or Uninstall’ Andaikan Shakespeare Boikot Traveloka

0

Bernas.id – Menyimak berita reaksi netizen yang beramai-ramai melakukan boikot, dengan tagar #UninstallTraveloka, jadi terbersit bagaimana reaksi pujangga Shakespeare. Akankah Shakespeare mengutip dialog terkenal di drama Hamlet, “To be, or not to be, that is the question.” Tentunya, sambil mata menatap gawai dengan ibu jari siap menekan layar, dan mengutip, “To install, or to uninstall, that is the question.”

Bila dilihat dari sisi tata bahasa, terdapat perbedaan mendasar antara ?not to install? dan ?to install?. Walaupun, pada akhirnya efek dari kedua aksi tersebut sama, yaitu program atau aplikasi yang dimaksud hilang dari gawai. Kata ?not to install? berarti sejak awal memang tidak mengunduh aplikasi. Kata ?uninstall? memiliki sifat reversibel atau dapat dikembalikan ke kondisi semula. Sehingga, ?uninstall? baru bisa dilakukan bila aplikasi ter-install terlebih dahulu. Yang berarti, aplikasi sudah sempat memberikan pelayanan kepada pemilik gawai.

Drama Hamlet yang digubah Shakespeare tersebut memang menggambarkan kegelisahan Hamlet. Yang pada intinya mempertanyakan eksistensi dirinya, apakah lebih baik ada atau tiada. Sama halnya dengan ?to install? atau ?to uninstall?. Ibu jari yang menari di atas layar gawai dengan cepat bisa bergerak menekan tombol ?uninstall?, hingga aplikasi yang tadinya ada jadi hilang.

Bila Shakespeare hidup di zaman ini, tentu akan berpikir panjang sebelum tekan tombol ?uninstall? di aplikasi Traveloka. Pertama, karena belum pernah melihat gawai canggih, jadi Shakespeare akan asyik dulu bereksplorasi dengan gawainya. Lalu, seperti halnya Hamlet yang mempertanyakan segalanya, Shakespeare akan mempertanyakan sejauh mana Traveloka sudah berguna bagi dirinya, dan sejauh mana kebenaran berita-berita yang didengarnya. Nah, ini yang membedakan dengan manusia era digital. Ibu jarinya bereaksi terlebih dahulu sebelum mencari kebenaran di balik sebuah kasus.

Di era sekarang, di mana informasi semakin terbuka, opini dan berita yang bias, subyekif atau yang obyektif banyak bertebaran di dunia maya. Seringnya, reaksi masyarakat walau cepat, tapi seringnya tidak tepat karena hanya ikut kata orang lain. Bila memang sudah yakin akan kebenaran dan validitas berita, yakinlah keputusan untuk ?uninstall? karena pribadi bukan golongan atau ikut-ikutan. Sehingga, bijaklah dalam ?to install? dan ?to uninstall?. Karena bila terlalu sering juga akan merusak memori gawai, kan?

Leave A Reply

Your email address will not be published.