Berita Nasional Terpercaya

Anda Termasuk Guru Idola atau Bukan? Ini Dia Tanda-tandanya

0

Bernas.id- Seorang guru mempunyai harapan bisa menjadi guru yang diidolakan semua siswanya, tentu akan sangat menyenangkan apabila hal tersebut bisa terjadi. Setiap guru memiliki cara mengajar sendiri-sendiri, mempunyai ciri khas dan gaya masing-masing saat mengajar. Hal tersebut menjadi dasar terbentuknya opini mereka terhadap guru satu dengan guru yang lain. Ada guru yang mereka sukai ada pula guru yang kurang mereka sukai. Secara tidak langsung, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kelangsungan proses pembelajaran. Saat diajar oleh guru yang mereka sukai, siswa terlihat sangat antusias belajar. Namun, seketika suasana kelas bisa berubah 180° saat guru yang tidak mereka sukai datang. Lalu, bagaimana sebenarnya tanda seorang guru yang diidolakan siswa? Berikut 5 tanda-tanda yang harus Anda ketahui.

  • Siswa sangat menantikan kedatangan Guru

Setiap pagi hari, siswa menantikan kedatangan guru. Mereka siap melakukan kegiatan belajar. Saat guru sudah datang, wajah mereka semringah dan langsung duduk dengan rapi. Siswa siap mendapat pelajaran baru, pengalaman baru dan kegiatan baru yang akan guru hadirkan di dalam kelas. Mereka terlihat sangat antusias, bahkan saat guru membawa buku atau tas yang berat salah satu dari mereka akan menawarkan bantuan untuk membawanya. Jika pada hari itu guru tidak hadir atau tidak bisa mengajar, maka siswa merasa kepo dan mencari tahu penyebab ketidakhadiran gurunya tersebut.

  • Siswa suka bercerita dengan Guru

Jika siswa suka bercerita tentang pengalaman atau kejadian yang baru saja mereka alami, berarti mereka mempunyai rasa nyaman dengan guru. Belum tentu mereka mau bercerita dengan guru yang lain. Jadi Anda perlu memberikan tanggapan yang baik, pasti mereka senang dan merasa diperhatikan.

  • Siswa mendengarkan setiap nasihat Guru

Selain mengajar, seorang guru perlu memberikan nasihat kepada siswa saat mereka melakukan kesalahan dan perlu memperbaiki diri. Guru perlu mengingatkan agar siswa dapat bersikap lebih baik lagi. Saat mereka mendengarkan nasihat Anda dan sadar akan kesalahan berarti siswa itu mengaplikasikan dengan sungguh-sungguh nasihat tersebut. Mereka merasa nasihat Anda sangat penting dan perlu diterapkan, mereka percaya dengan Anda sebagai orang tua di sekolah.

  • Siswa memperhatikan dengan baik saat Guru mengajar

Saat proses pembelajaran berlangsung, mereka fokus dengan materi yang guru sampaikan. Saat guru memberikan kuis, siswa pun banyak yang mengangkat tangan dan ingin menjawabnya, walaupun jawaban kurang tepat tetapi mereka sudah berusaha. Setiap ada hal yang kurang paham mereka langsung bertanya dan minta penjelasan dari guru, sehingga terjalin komunikasi intensif antara siswa dengan guru.

Jika Anda menemukan tanda-tanda di atas pada siswa, SELAMAT!!? berarti Anda termasuk guru yang diidolakan dan hal itu perlu dipertahankan. Jika siswa belum memunculkan tanda-tanda tersebut, Anda perlu lebih perhatian lagi dengan siswa. Masuklah ke dalam dunia mereka agar paham betul guru seperti apa yang mereka butuhkan. Buatlah suasana yang nyaman. Berusahalah menjadi guru yang disukai siswa. Guru yang disukai karena memberikan banyak manfaat positif. Jangan jadi guru yang ditakuti siswa, tapi jadilah guru yang disegani. Buatlah pembelajaran yang kreatif dengan menghadirkan hal-hal baru agar mereka tidak bosan. Bersikaplah santai, tetapi tetap tegas terhadap tata tertib sekolah. Semoga Anda dapat menjadi guru idola yang bisa menginspirasi banyak orang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.