Berita Nasional Terpercaya

Wow, Ternyata Kutub Selatan Dulunya Penuh Dengan Hutan

0

Bernas.id ? Antarktika merupakan benua yang letaknya paling selatan. Sekarang kita mengenal benua tersebut sebagai benua beriklim dingin yang daratannya selalu diselimuti oleh es. Namun beratus-ratus juta tahun yang lampau, Antarktika ternyata dulunya pernah memiliki hutan.

Antara bulan November 2016 hingga Januari 2017 lalu, sekelompok tim peneliti yang dipimpin oleh Erik Gulbranson melakukan penggalian di atas lapisan es Antarktika. Hasilnya, mereka berhasil menemukan 13 potongan fosil pohon yang diketahui berusia 260 juta tahun.

?Benua (Antarktika) jauh lebih hangat dan lebih lebih lembab dibandingkan sekarang,? kata Gulbranson seperti yang dikutip oleh National Geographic. Ia pun memperkirakan kalau lokasi ditemukannya fosil pepohonan tersebut dulunya adalah hutan lebat yang pohon-pohonnya tahan terhadap kondisi ekstrim seperti yang terdapat di Siberia, Rusia.

?Fosil-fosil ini adalah sebagian dari sekian banyak fosil pohon di dunia yang kondisinya paling terawetkan,? tambah Gulbranson. ?Jamur fungi yang ada pada pohon mungkin mengalami mineralisasi dan berubah menjadi batuan dalam rentang waktu beberapa minggu.?

?Dalam beberapa kasus, fenomena itu terjadi saat pohonnya masih hidup. Fenomena ini terjadi begitu cepat. Anda bahkan bisa menyaksikannya langsung jika anda tengah berada di sana.?

Gulbranson juga menambahkan kalau pohon-pohon yang pernah menghuni Antarktika bisa hidup tanpa cahaya dalam waktu lama. ?Tanaman-tanaman ini bukan hanya bisa bertahan tanpa cahaya selama empat hingga lima bulan, tapi juga hidup dengan terpapar cahaya secara terus menerus selama empat hingga lima bulan.?

?Kami masih belum memahami bagaimana mereka bisa melakukannya, ? kata Gulbranson. Rencananya pada tanggal 23 November mendatang, Gulbranson bakal kembali pergi ke Antarktika dan bergabung dengan tim ilmuwan lain yang sudah lebih dulu berada di sana.

Leave A Reply

Your email address will not be published.