Berita Nasional Terpercaya

Tak Selamanya Literasi Dilakukan dengan Membaca dan Menulis, Berprofesi Ini Juga Mengembangkan Literasi

0

Bernas.id – Literasi identik dengan kegiatan gemar membaca, baik printed maupun dalam media online. Gencarnya pengembangan progam literasi mengajak banyak orang untuk menulis buku dan mempublikasikannya.

Penerbit indie menjadi pilihan banyak penulis pemula bahkan penulis senior untuk menerbitkan buku-buku yang ditulis. Murahnya biaya produksi memungkinkan buku dijual lebih murah dan lebih banyak dibeli oleh konsumen. Namun, bagaimana memasarkannya? Perlu jejaring uang luas dan kuat dalam proses penjualan.

Baca juga:

Toko buku bukan pilihan tepat untuk pemasaran buku-buku dari penulis pemula. Karenanya, book advisor direkrut untuk membantu proses marketing dan distribusi buku secara luas. Pekerjaan ini bukan hanya sebagai penjual buku seperti yang sudah berjalan secara konvensional.

Book advisor mengajak orang lain untuk gemar membaca buku. Memberikan sinopsis dan keterangan rinci mengenai buku yang dipasarkan. Sistem pemsaran ini mirip dengan multilevel marketing. Setiap book advisor mengajak orang lain bukan hanya membeli, namun juga menjadi book advisor. Semakin banyak yang menjadi book advisor, maka jejaring yang dimiliki seorang penulis dan penerbit akan semakin luas.

Keuntungan yang didapat dari satu buku tidak banyak, namun gencarnya promosi dan advice yang diberikan, membuat lebih banyak orang yang tertarik membeli buku yang ditawarkan.

Buku-buku yang banyak dipasarkan oleh seorang book advisor juga mengandung nilai-nilai keislaman. Pada buku-buku yang dijual bebas di toko-toko buku besar, buku jenis ini jarang diitemui. Jika pun ada, harganya tentu lebih mahal.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Teks Persuasif Sesuai Jenis dan Strukturnya?

Selain, keuntungan harga murah dan pemesanan di awal dengan sistem PO. Pemasaran buku oleh para book advisor juga memberikan keuntungan yang lain, seperti bonus mengikuti webinar atau paket bonus lainnya.

Jika Anda berminat menjadi book advisor yang tidak mengikat waktu ini juga dapat menjadi pekerjaan sampingan yang akan menambah pengahsilan Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.