Berita Nasional Terpercaya

Jangan Ragu Tes DNA! Kenapa?

0

Bernas id – Tes DNA selalu identik untuk menentukan garis keturunan dalam keluarga. Padahal, Manfaat dari tes tersebut sangat menarik. Bahkan sekarang ini, pengujian Tes DNA banyak digunakan oleh negara untuk menjadi prosedur forensik rutin. Tes DNA sendiri, pertama kali dilaporkan pada tahun 1986 oleh Sir Alec J dari Inggris. Tes DNA? Kenapa tidak! Yuk, intip manfaat luar biasa dari Tes DNA. Ikuti penjelasan menurut khazanah biologi berikut! 

1. Mengetahui penyakit alzheimer; 

Wah! Penyakit apa itu? Jika Anda masih asing dengan nama penyakit tersebut. Saya yakin, riwayat keluarga Anda pasti baik dan sehat-sehat saja. Alzheimer ditandai dengan penurunan daya ingat, sehingga gangguan penyakit tersebut, bersifat progresif. Dengan melakukan Tes DNA, dapat mencari varian gen yang dikenal sebagai APOE dan terikat dengan penyakit Alzheimer. 

2. Mengetahui risiko kanker prostat;

Sebuah study pada New England Journal Of Medicine, menemukan pria dengan empat dari lima varian memiliki kanker prostat. Tes DNA ini dilakukan dengan menganalisis lima varian genetik tersebut. Tapi, tes ini sudah tidak tersedia setelah oktober 2008. Karena menurut Muin Khoury,MD, Ph.D, riwayat keluarga sudah cukup untuk memprediksi risiko. 

3. Mengetahui berbagai penyakit defeneratif;

Tes ini sangat menjanjikan untuk mengetahui kerentanan dari 18 penyakit, mulai dari serangan jantung hingga diabetes tipe-2. Jangan ragu untuk melakukan tes ini, jika Anda benar-benar ingin mengetahui lebih dini akan penyakit Anda. Sayangnya, harga untuk melakukan tes tersebut sangatlah mahal. Sekitar Rp.22,5 juta. 

4. Mendeteksi kebotakan.

Anda mereka jika botak? Tapi masih ragu? Ayolah! Jangan khawatir. Anda bisa melakukan Tes DNA sebagai jawabannya. Tes tersebut menjanjikan akan mencari varian genetik terkait tertutama pada usia di atas 40 tahun. Kehadiran varian gen menunjukkan peningkatan risiko, tetapi tidak selalu menjamin terjadinya kebotakan. 

Nah, bagaimana? Apa sekarang Anda masih ragu untuk melakukan Tes DNA? Jangan ragu, cobalah! Tapi, sebaiknya kita menjaga diri kita. Ingatlah pepatah 'lebih baik mencegah daripada mengobati'. Tapi, jika penyakit itu merupakan penyakit turunan. Anda bisa berkomunikasi dengan orang tua, agar penyakit itu terdeteksi secara dini. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.