Berita Nasional Terpercaya

Wah, Ternyata Ini Pesan Tersirat di Balik Perintah Malaikat Jibril ?Bacalah!? yang Jarang Kita Amalkan!

0

Bernas.id – Pernah dengar tentang cerita nabi Muhammad SAW ketika berada di gua Hira kemudian didatangi oleh malaikat Jibril dan menyuruh nabi untuk membaca sebanyak tiga kali “Iqra?, iqra?, iqra??? Ternyata hal ini bukan hanya sekedar suruhan, namun lebih dari itu ada makna tersirat di balik seruan membaca yang dilontarkan malaikat Jibril kepada nabi Muhammad SAW.

Bagi seseorang yang senang membaca, mungkin pernah mengalami hal ketika membaca merasakan semangat yang menggebu-gebu. Namun, beberapa hari atau beberapa bulan kemudian, kita seakan lupa akan apa yang telah kita baca sehingga rasa semangat yang dulu menggebu-gebu, setelah kita membaca buku hilang begitu saja. Ternyata hal ini terjadi karena kita tidak mengamalkan apa yang diperintahkan oleh malaikat Jibril untuk membaca sebanyak tiga kali.

Inilah alasan mengapa kita harus membaca sebanyak 3 kali:

1. Untuk memotivasi

Membaca satu kali hanya akan membuat kita termotivasi saja. Bahkan motivasi kita akan menggebu-gebu dari biasanya sebelum membaca. Namun motivasi ini hanya akan bertahan selama kita membacanya satu kali. Jarang kita temukan orang yang membaca hanya sekali, kemudian ia berhasil merealisasikan perubahan apa yang ingin ia ciptakan ketika sudah membaca. Itu sebabnya kita harus membaca lagi apa yang sudah kita baca untuk yang kedua kalinya.

 

2. Untuk menginspirasi

Membaca yang kedua kali akan membuat terinspirasi. Setelah kita termotivasi maka kita akan terinspirasi. Namun, hal ini juga belum cukup untuk kita bisa beraksi. Kita perlu membaca lagi untuk ketiga kalinya

 

3. Untuk beraksi

Dengan membacanya sampai ketiga kali, otak kita sudah melai menghafal semua isi bacaan itu di luar kepala. Dan bacaannya sudah melekat dengan pikiran kita, sehingga lebih mudah bagi kita untuk membentuk karakter dan tindakan kita dalam bertindak dan merealisasikan apa yang sudah kita baca secara berulang-ulang. Membaca yang ketiga kali akan membuat kita beraksi. Ketika kita sudah termotivasi dan terinspirasi, pastinya kita pun akan dengan mudah beraksi untuk mengayunkan langkah kita melakukan apa yang seharusnya kita lakukan.

 

Terkadang kita tidak perlu ilmu baru, kita hanya perlu diingatkan, dan perlu mengingat kembali ilmu yang telah kita baca. Seseorang pernah berkata

?Jika ingin sukses dan berhasil merealisasikan mimpi, kita wajib membaca sebanyak tiga kali. Karena membaca yang pertama itu untuk memotivasi, kedua untuk menginspirasi, ketiga untuk beraksi?.

Yuk, lebih rajinkan diri untuk membaca lagi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.