Berita Nasional Terpercaya

Bila Kamu Pelajar yang Lebih Suka Membaca Novel daripada Buku Pelajaran? Kamu Wajib Lakuin 3 Tips Ini!

0

Bernas.id – Mengapa kita lebih suka membaca novel dibandingkan buku pelajaran? Pertanyaan ini pasti sering muncul di benak para pelajar. Wajar, sebab tidak semua pelajaran di sekolah kita sukai dan minati. Jadi, bertanya seperti itu bukanlah hal yang salah. Tapi, terlalu membenarkan hal tersebut juga bukanlah hal yang benar. Sebab buku pelajaran juga penting untuk kita baca meskipun tidak kita minati.

Di dalam buku pelajaran berisi kata-kata berat yang membuat kita juga harus berpikir keras untuk memahami maksudnya. Karena di awal, kita sudah tidak suka dan tidak minat dengan pelajarannya. Itulah yang membuat kita menjadi malas untuk membaca buku pelajaran.

Tapi kenapa novel yang isinya juga berat suka kita baca? Bahkan tidak perlu disuruh dan dipaksa malah semangat untuk kita baca? Apa karena novel memang lebih menarik? Hmm, sebenarnya tidak juga. Sebaiknya kita perlu bertanya lagi kepada diri sendiri, kenapa hal ini bisa terjadi.

Nah bagaimana caranya membuat agar buku pelajaran ini bisa jadi lebih menarik untuk kita baca daripada novel. Berikut tips-tipsnya :

 

1. Sukai dan Cintai pelajarannya

Bisa jadi kita tidak suka membaca buku pelajaran karena pelajarannya bukan pelajaran yang kita minati. Nah, bila benar begitu, sepertinya kita harus mengingat kembali tentang kalimat yang berkata ?Cintai apa yang kamu kerjakan, kerjakan apa yang kamu cintai?. Hal itu pun berlaku bagi kita para pelajar yang merasa lebih suka membaca novel daripada membaca buku pelajaran. Jika kita menyukai apa pelajarannya, tentu buku yang kita baca pun akan kita cintai pula. Bila sudah cinta, pastilah kita akan lebih mudah memahaminya.

 

2. Niat untuk mendapat ilmu

Untuk bisa membuat diri lebih menyukai buku pelajaran dibandingkan novel maka perbaikilah niat kita di awal. Niat kita membaca buku pelajaran untuk mendapat ilmu agar kita menjadi ahli di dalam pelajaran tersebut. Dengan memperbaiki niat di awal, insyaallah kita pasti bisa untuk lebih menyukai buku pelajaran dibandingkan novel. Ingatlah kita bisa karena 2 hal. Yang pertama karena dipaksa, dan kedua karena kita benar-benar ingin bisa.

Hal ini sama-sama membuat kita menjadi bisa, namun kita melewatinya dengan cara yang berbeda. Ilmu yang kita dapatkan pun sama, namun rasa dan cara mendapatkannya berbeda yang berbeda. Terserah kita mau pilih yang mana, karena semua pilihan ada di tangan kita sendiri.

 

3. Tanamkan rasa penasaran

Dengan rasa penasaran yang tinggi, kita akan lebih bersemangat membaca buku apa pun itu. Kita suka membaca novel, karena kita penasaran dengan cerita akhirnya. Jika kita juga penasaran dengan ilmu apa yang akan kita dapati di buku pelajaran, tentu kita tidak akan malas untuk membaca buku tersebut sampai selesai.

 

Dengan menanamkan rasa penasaran yang tinggi di dalam diri, rasa semangat pun pasti akan menggebu-gebu. Jika kita semangat membaca buku pelajaran karena penasaran, ilmu kita pun akan bertambah dan kemampuan kita juga akan bertambah serta pemahaman kita akan semakin luas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.