Berita Nasional Terpercaya

Hai, Mahasiswa! Ada Cara Unik Menghemat Uang selama Kuliahmu

0

Bernas.id – Sebagian mahasiswa cukup beruntung memiliki orang tua yang mampu membiayai seluruh kebutuhan mereka saat kuliah. Sebagian yang lain harus memikirkan dan berusaha menabung untuk itu semua. Bagi yang harus berhemat, ada banyak cara untuk melakukannya. Setidaknya ada 9 cara ini:

1. Buku;

Saat ini sebenarnya tak lagi banyak dibutuhkan buku untuk kuliah. Membeli yang baru tentu akan menjadi cukup memberatkan. Pandai-pandailah mengeksplorasi pilihan anda. Ada toko buku bekas atau bisa memesan lewat online yang harganya lebih ekonomis. Anda juga dapat menghemat secara signifikan dengan mencari buku yang edisi internasional yang merupakan produk yang sama, dengan kemungkinan penambahan beberapa karakter dalam bahasa lain di sampulnya.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

2. Memilih Makanan;

Bila Anda kuliah dan dengan anggaran yang ketat, Anda benar-benar harus memikirkan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan untuk makanan sehari-hari.

3. Komputer;

Saat ini rasanya sedikit aneh melihat pelajar, terlebih mahasiswa yang tak menggunakan laptop atau tablet. Sekarang telah banyak computer bekas yang dijual dalam keadaan masih bagus. Yang mampu membeli barupun, jangan lupa meminta diskon khusus pelajar yang cukup besar yang biasa diberikan oleh beberapa merk terkenal.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

4. Waktu luang;

Sesibuk apapun tentu ada waktu senggang. Jika mencari sedikit hiburan cukup putar hiburan video secara online jika di tempat kost tak disediakan televisi.

5. Tempat tinggal;

Asrama kampus akan menjadi satu-satunya pilihan yang tersedia. Ingatlah bahwa perguruan tinggi bersifat sementara dan Anda tidak akan berada di sana selamanya. Carilah tempat termurah yang Anda bisa, asalkan itu bersih dan layak huni serta lingkungan yang cukup aman. Alternatif lain adalah menyewa rumah patungan bersama teman Anda.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

6. Transportasi;

Tidak masalah tinggal di mana, baik jauh atau dekat kampus. Akan menjadi keuntungan dan akan menghemat uang jika ada transportasi umum yang lewat di sana. Jika Anda cukup beruntung memiliki teman di sekolah yang membawa mobil, maka cara lain yang bagus untuk menghemat uang dengan berbagi membayar uang bensin.

7. Komunikasi;

Jaga agar biaya telepon seluler tetap rendah dengan membuat perencanaan dan kesepakatan dengan keluarga tentang waktu Anda bisa saling terhubung. Jangan lupa untuk menggunakan wi-fi gratis yang ada di kampus ataupun tempat tinggal Anda. Anda bisa menggunakan program seperti Skype over wi-fi untuk tetap berhubungan dengan orang-orang di rumah secara gratis dan sebisa mungkin hindari menggunakan ponsel Anda jika tak benar-benar penting.

Baca juga: Inilah 6 Sertifikasi Akuntansi Bagi Profesi Akuntan di Indonesia

8. Mencoba mencari penghasilan lain;

Jika Anda memiliki cukup waktu luang tersedia, pekerjaan paruh waktu adalah cara terbaik untuk mendapatkan uang ekstra di saku Anda. Bahkan jika tidak ingin meninggalkan kamar Anda, ada beberapa hal yang dapat dilakukan secara online untuk menghasilkan uang.

9. Keperluan Pribadi.

Kebanyakan orang terbiasa dengan standar tertentu di mana kebersihan pribadi sangat. Mencari toko diskon adalah cara yang baik untuk memenuhi kebutuhan seperti sabun dan sampo yang sesuai anggaran Anda. Jika itu membuat Anda bersih, itu cukup baik, dan anda tidak perlu shampo dengan nama merek yang bagus atau membersihkan tubuh.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.