Berita Nasional Terpercaya

Orang Tua! Mencetak Anak Hebat Bukan Mustahil, Jika Menerapkan Tips Berikut

0

Bernas.id – Buah hati sebagai buah cinta dari sebuah ikatan suci pernikahan yang didambakan kehadirannya oleh banyak orang. Beberapa di antara pasangan yang hingga bertahun tahun tidak dikaruniai seorang anak pun,  maka mereka akan berusaha dengan berbagai cara, hingga mengadopsi anak. Karena sebuah rumah jika tiada kehadiran seorang anak tentu akan terasa sunyi sepi, seolah tiada gairah untuk hidup.

Nah untuk merawat dan menjaga anak, kita terutama anak yang sudah menginjak remaja, tentu memerlukan ilmu. Mulai dari dalam kandungan, hingga masa remaja sampai dia menikah. Inilah tips yang perlu kita tahu dalam mendidik anak secara islami, agar menjadi anak hebat.

1. Ketika malam hari, hendaknya segera tidur setelah salat isya?. Setelah isya? aktifitas lainnya jangan sampai tidak bermanfaat, apalagi jika menyimpang dari ajaran agama yang kita anut. Kebiasaan kita terkadang setelah salat isya? malah nonton televisi, padahal sebaiknya setelah isya' tidak ada aktifitas lain kecuali yang bermanfaat.

2. Membiasakan beribadah dan mulai dipisahkan tempat tidurnya. Ketika anak sudah usia baligh hendaknya jika berlainan jenis sebaiknya mulai dipisahkan tempat tidurnya. Bahkan walau sesama jenis, jangan sampai tidur dalam satu selimut. Itu ajaran Nabi, karena tidak tahu apa yang kita lakukan ketika kita tidur.

3. Tidak memanjakan anak dengan menuruti semua keinginannya. Terkadang orang tua menuruti semua keinginan anaknya, atas nama kasihan apalagi ketika dialami oleh orang tua yang masa lalunya susah, sehingga keinginannya tidak atau jarang dituruti. Padahal ketika orang tua menuruti semua keinginan anaknya, maka yang terjadi adalah tidak adanya kemampuan anak untuk menahan diri dan berusaha dengan sungguh-sungguh, demi mendapatkan barang yang diinginkannya, sehingga mentalnya menjadi tidak kuat. Jadi hendaknya orang tua terlebih dulu memberikan syarat untuk menuruti keinginan anak, tentunya yang mendidik.

4. Mengajarkan etika atau akhlak. Seseorang itu baik atau tidak terlihat dari akhlaknya. Seseorang tidak akan masuk surga sebelum dia berakhlak. Bahkan tujuan dari shalat intinya adalah akhlakul karimah, yakni dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Jadi, jangan sampai anak-anak kita hidup tanpa etika. Bukankah Rasuluklah diutus hanya untuk menyempurnakan akhlak? Innama buitstu makarimal akhlak.

5. Senantiasa mengingatkan kepada anak agar tidak merendahkan orang lain. Hendaknya anak anak dididik untuk saling menghormati satu sama lain. Karena di hadapan Allah, manusia semua sama, yang membedakan hanyalah ketaqwaannya kepada Allah. Dapat dicontohkan kenapa iblis dikekalkan oleh Allah di dalam neraka. Itu tidak lain karena iblis sombong dan merasa lebih mulia daripada Nabi Adam.

6. Melarang berpenampilan menyerupai lawan jenis. Allah menciptakan manusia berlainan jenis. Maka peraturan termasuk cara berpakaian pun sudah tentu berbeda. Jadi jangan sampai orang tua membiarkan anaknya ketika didapati ada perilaku yang aneh, apalagi ketika bertingkah menyerupai lawan jenisnya. Terkadang orang tua malah ada yang sengaja memakaikan pakaian yang seharusnya dipakai oleh lawan jenisnya, dengan alasan lucu. Jika keterusan maka akan berakibat fatal.

Demikian beberapa ulasan tentang cara mencetak anak hebat. Semoga kita senantiasa diberikan kepahaman dan kekuatan agar senantiasa mampu mendidik anak yang hebat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.