Berita Nasional Terpercaya

Anda Ingin Tetap Bugar Di Masa Tua? Lakukan Ini, Nomor 5 Paling Mudah

0

Bernas.id – Kesehatan merupakan aset berharga dalam hidup. Namun di tengah zaman yang serba canggih ini, setiap orang menginginkan hal yang tersedia cepat dan instan. Akibatnya sering kali mengabaikan kesehatan tubuh. Rutinitas sehar-hari yang tidak kita sadari ternyata mampu memengaruhi respon tubuh pada kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Selain aktifitas menu yang kita konsumsi ternyata akan mempengaruhi metabolisme tubuh jangka panjang. Tubuh yang sehat dan bugar membutuhkan asupan yang tepat dan sehat. Tentunya diimbangi dengan aktifitas yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita kedepannya juga. Di bawah ini kebiasaan yang bisa kita lakukan sehari-hari namun manfaatnya cukup luar biasa untuk tubuh kita. Apa saja? Simak yuk!

1. Biasakan Jalan Kaki;

Masyarakat China dengan usia tertua di dunia selain pola hidupnya yang sehat, kebiasaan yang mudah untuk dilakukan namun terkadang malas untuk dilakukan masyarakat modern adalah berjalan kaki. Membiasakan berjalan kaki minimal selama 1000 langkah perhari akan memperpanjang usia hidup manusia. Melalui berjalan kaki ini akan menyehatkan organ tubuh yang terpenting pada manusia, yaitu jantung. Detak jantung yang stabil akan membuat manusia memiliki harapan hidup lebih lama.

2. Olah Pernafasan Di Pagi Hari;

Hal ini sering kali dilupakan, olah pernafasan merupakan gerakan seperti yoga namun lebih sederhana. Rutinitas harian yang cukup padat dan menguras tenaga tentunya akan membuat tubuh merasa kelelahan. Ketika tubuh merasa kelelahan pernafasan akan semakin cepat. Semakin cepatnya pernafasan tentunya tidak baik untuk tubuh, karena oksigen yang di serap oleh tubuh semakin sedikit. Oleh karena itu, biasakan di pagi hari sebelum mandi untuk melakukan relaks pernafasan dengan menarik nafas panjang kemudian mengeluarkannya perlahan. Hingga tubuh terasa relaks. Hal ini semacam meditasi untuk tubuh. Jika tidak sempat untuk melakukan di pagi hari aktifitas ini juga bisa dilakukan sore hari setelah selesai beraktifitas. Menetralkan tubuh dalam kondisi relaks memang dibutuhkan, untuk mengistirahatkan tubuh.

3. Cukup Air;

Air merupakan kebutuhan yang penting bagi tubuh karena 80% bagian dari tubuh manusia merupakan tersusun dari air. Oleh karena itu, kekurangan air akan menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Membiasakan diri untuk minum air putih minimal 2 liter setiap harinya bermanfaat untuk menyeimbangkan kondisi tubuh. Selain itu yang terpenting cukup air akan bermanfaat bagi kulit. Anda tentunya menginginkan kulit tetap segar meskipun usia sudah semakin menua bukan?

4. Perbanyak Konsumsi Sayur Dan Buah;

Tersedianya makanan cepat saji dan junk food terkadang membuat seseorang malas untuk mengonsumsi sayur dan buah. Parahnya lagi jika tidak menyukai sayur dan buah. Manfaat sayur dan buah sendiri sangat banyak untuk tubuh. Sayur dan buah selain membuat tubuh cukup mineral dan serat akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bertenaga. Karena kandungan vitamin yang beragam dalam sayur dan buah sangat bermanfaat untuk tubuh. Menjaga serat dan mineral akan membuat tubuh anda bugar, kulit terlihat lebih kencang dan tentunya menyehatkan tubuh.

5. Tersenyum.

Satu hal ini tentunya sangat mudah untuk dilakukan. Dengan tersenyum seseorang akan mengendurkan otot-otot yang ada di wajah. Selain itu, ketika anda tersenyum otomatis mood anda akan berubah menjadi baik. selain bermanfaat untuk wajah, senyum juga mampu berpengaruh pada kesehatan jantung.

Membiasakan diri hidup sehat tentunya bermanfaat untuk keberlangsungan jangka panjang. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.