Berita Nasional Terpercaya

Mari Mengenal Kuliner dari Jambi dan Rasakan Nikmatnya!

0

Bernas.ID – Mari kita berkunjung ke Jambi, yaitu sebuah provinsi yang terletak di pesisir timur bagian tengah Pulau Sumatera. Selain tempoyak yang sangat populer, terdapat berbagai jenis kuliner yang lezat untuk dinikmati. Bila tempoyak biasa dikonsumsi sebagai lauk nasi atau dijadikan bumbu masakan, kuliner berikut ini dimakan dengan ditemani kari-karian, baik kari kambing, kari ayam, atapun rendang daging.

BURGO JAMBI

Burgo merupakan kue khas Jambi yang sudah mulai sulit ditemukan. Burgo terbuat dari adonan tepung beras dan tepung sagu, dimakan dengan santan yang terbuat dari kaldu ikan. Cara membuatnya juga cukup mudah.

Buatlah adonan 75 gram tepung beras dan 25 gram tepung sagu, 500 ml air, air kapur sirih, 1 sendok teh, dan garam. Aduk sampai rata. Tuang adonan ini ke dalam Loyang yang sudah diolesi minyak, kukus selama 20 menit sampai matang. Angkat. Siapkan daun pisang atau plastik di meja yang rata. Gulung adonan memakai daun pisang atau plastik tebal, sehingga berbentuk seperti lontong. Dinginkan.Potong bulat-bulat sesuai selera sebelum dihidangkan.

Kemudian siapkan kuah burgo. Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan seperti bawang merah, ketumbar, ebi, jinten, dan garam, menggunakan sedikit minyak goreng. Masukkan ikan tengiri 100 gram, udang 100 gram, kaldu ikan, dan kaldu udang. Masak sampai mendidih.

Tambahkan tepung beras agar sedikit mengental. Dinginkan. Setelah dingin, blender calon kuah ini hingga halus. Selanjutnya tambahkan 400 ml santan kelapa. Masak hingga mendidih dan mengental. Angkat dan dinginkan.

Untuk menghidangkannya, potong-potong burgo sesuai selera, siram dengan kuah santan. Taburi dengan bawang merah goreng. Lengkapi dengan saus sambal bila suka pedas.

NASI GEMUK

Nasi gemuk merupakan sajian khas sarapan pagi Jambi yang hampir sama dengan nasi uduk Jakarta.

Nasi gemuk merupakan resep turun temurun yang dimasak dengan cara mencampurkan bumbu-bumbu rempah dengan beras dan santan. Bawang merah, bawang putih, jintan dan ketumbar, yang sudah dihaluskan ditumis sampai harum, ditambahkan dengan serai, daun salam, daun pandan serta daun jeruk kunci. Masukkan garam secukupnya, masukkan pula 1 (satu) liter santan kelapa. Lalu aduk sampai rata.

Beras yang sudah dicuci bersih selanjutnya dicampur dengan bumbu-bumbu yang ditumis dan diaron sampai airnya habis. Berikutnya masak beras dengan dandang nasi sampai siap santap. Atau bisa juga dimasak memakai rice cooker.

Setelah matang, angkat nasi gemuk. Tambahkan hidangan pelengkap seperti kari ayam & kuah kari, potongan mentimun, telur dadar, dan kerupuk

NASI MINYAK

Nasi minyak khas Jambi menyerupai nasi kuning yang diolah dengan bumbu India. Nasi minyak ini biasanya dihidangkan dengan kari ayam kampung, kari daging, ataupun juga kari kambing. Cara membuatnya juga cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

Siapkan air sari pati rempah dengan cara merebus merica, adas manis, kayu manis, kapulaga, cengkih, buah pala sampai keluar sari patinya. Sisihkan.

Tumis bawang merah, bawang putih yang sudah dihaluskan, dan jahe dengan minyak samin. Kemudian campur dengan air sari rempah tadi. Masukkan saos tomat (lebih bagus pakai pure tomat). Didihkan.

Masukkan beras yang sudah dibersihkan ke dalam air campuran bumbu yang sudah mendidih, tambahkan gula dan garam. Aduk rata dan aron sampai airnya kering. Lalu, masukkan susu encer. Aduk-aduk sampai kering airnya. Kukus aronan nasi sampai matang.

Sajikan nasi minyak dilengkapi sambal nanas, kari kambing, atau rendang.

Nah itulah 3 kuliner dari Jambi yang nikmat untuk disantap. Jangan lupa mencicipinya jika berkunjung ke Jambi. Namun, jika tidak sempat, silakan dicoba untuk membuat resep di atas ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.