Berita Nasional Terpercaya

Kemenperin Yakin Laju Pertumbuhan Industri Terjaga

0

JAKARTA, Bernas.id – Kementerian Perindustrian optimis laju pertumbuhan industri masih bisa terjaga, karena didukung perkembangan industri  lainnya, seperti logam.

Menurut Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto, bahwa industri logam menjadi unsur terpenting dan andalan saat ini.

?Industri logam dasar dan industri permesinan masih bisa menjadi andalan yang sustainable, apalagi kita punya basis resourcesnya, dan investasi terus kita dorong. Kedua industri makanan ini masih ada momentum tumbuh terus. Kemudian ke depan industri elektronik juga punya potensi tumbuh secara besar karena aplikasi internet of think ini mendorong industri elektronik,” kata Airlangga di Jakarta.

Airlangga menjelaskan, bahwa pertumbuhan industri sepanjang 2017 mengalami fluktuasi, di mana pada kuartal I sebesar 4,71 persen, yakni di bawah pertumbuhan industri yang sebesar 5,01 persen. Pada kuartal II, pertumbuhan industri sebesar 3,89 persen atau di bawah pertumbuhan ekonomi yang sebesar 5,01 persen. Sedangkan pada kuartal III, pertumbuhan industri mencapai 5,49 persen, yang berada di atas pertumbuhan ekonomi yakni 5,06 persen.

“Tentunya fluktuasi itu sesuatu hal yang biasa dalam suatu industri karena ada harga, ada komoditi, ada harga barang. Semakin banyak kita membuat barang yang ke arah hilir itu berarti ketergantungan terhadap komoditas jadi menurun,” jelasnya.

Dirinya pun berharap, agar para Pejabat di lingkungan Kementerian Perindustrian dapat berperan aktif untuk segera melakukan langkah-langkah percepatan serta melakukan evaluasi terhadap target kinerja yang telah ditetapkan, guna tercapainya sasaran pembangunan industri nasional.

“Pembangunan Industri Nasional akan menjadikan Indonesia sebagai Negara industri yang tangguh yang bercirikan pada struktur industri nasional yang kuat, dalam, sehat dan berkeadilan, yang berdaya saing global dan berbasis inovasi dan teknologi,” tuturnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.