Berita Nasional Terpercaya

Sekolah Zaman Now, Say Goodbye to Paper

0

Bernas.id – Tujuan ujian dalam sekolah secara umum yaitu sebagai pelaksanaan program kurikuler serta pencapaian target kurikulum. Termasuk dalam pelaksanaan ujian yang dilaksanakan rutin setiap akhir semester. Nah, biasanya kita mengerjakan ujian dengan menulis di atas kertas. Cara tradisional ini sudah diangap kadaluarsa. Seiring berkembangnya teknologi, sistem pendidikan pun ikut berbenah. Ujian nasional yang sudah dilaksanakan dengan sistem CBT (Computer Based Test) merambat hingga diaplikasikan dalam lingkup sekolah.

Pembelajaran online bukan menjadi hal baru, namun sudah menjadi rutinitas harian siswa. Kemudahan dalam teknologi mampu dimanfaatkan secara nyata di lapangan, tentu bukan tanpa kendala. Sistem pembelajaran online, terutama dengan kolaborasi guru dikatakan mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran. Siswa, yang notabene selalu mengikuti perkembangan teknologi, harus mampu memanfaatkan gadget secara bijaksana.

Banyaknya aplikasi pembelajaran online, memudahkan kita sebagai pengguna memilih aplikasi yang sesuai kebutuhan. Pembelajaran online akan lebih efektif dilaksanakan dalam kelas jarak jauh. Computer Based Test yang sering digunakan di sekolah pada umumnya, lebih mengarah dalam sistem kombinasi. Siswa akan mengerjakan soal secara offline dalam jaringan sekolah, sedangkan hasil ahirnya dikirim dalam server pusat yang membutuhkan konektivitas online. Cara ini digunakan dalam Ujian Nasional.

Sayangnya, tidak semua sekolah mampu menerapkan salah satu sistem belajar yang digemari para siswa ini. Mahalnya perangkat aplikasi, dan minimnya sumber daya manusia berkualitas menjadi alasan klasik. Terutama bagi sekolah yang notabene pinggiran. Padahal, jika sistem ini dilaksanakan di seluruh jajaran pendidikan, manfaat lebih banyak jelas lebih dirasakan umat.

Setidaknya akan terjadi pengurangan kertas secara beramai-ramai. Kita pahami bersama, kertas yang kita gunakana berasal sumber yang sama yaitu hutan. Memilih pembelajaran online terlebih dalam pilihan ujian, pun ikut melestarikan hutan kita. Seperti yang dilaksanakan para siswa SMK Pus NU di Sidoarjo ini. Sekolah yang sudah membaiat dirinya sebagai sekolah berbasis teknologi, sudah hampir satu tahun ke belakang meninggalkan paper. Bahkan, sekolah ini adalah sekolah pertama di kelas Jawa Timur yang menggunakan sistem online terpadu dalam proses pembelajarannya. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.