Berita Nasional Terpercaya

Hati-Hati! Perilaku Hedonis Dapat Membunuhmu! Inilah Cara Jitu Meninggalkannya

0

Bernas.id ? Pergaulan zaman ini memang luar biasa. Anak muda dituntut untuk mengutamakan gaya hidupnya, daripada kebutuhan hidup. Gaya hidup menjadikan sesuatu hal yang kita sudah miliki, menjadi ingin memiliki yang lebih. Membuat kita menghambur-hamburkan uang tanpa ada keperluan yang pasti.

Hal itu adalah bentuk dari perilaku hedonis. Perilaku hedonis adalah bentuk perilaku yang membuang-buang uang hanya untuk gaya hidupnya, sehingga memunculkan perilaku berfoya-foya. Media online adalah sarana yang begitu berpengaruh dalam menciptakan gaya hidup yang bermewah-mewah. Anak muda menjadi semakin mengikuti gaya hidup hedonis ini. Beberapa dari mereka adalah anak muda yang masih sekolah, sehingga mencari cara agar orang tua menuruti gaya hidupnya. Mereka beranggapan agar tidak tertinggal zaman atau agar kekinian. Hal ini adalah perilaku yang tidak baik, karena jika dibiarkan anak akan mencari cara apapun agar memuaskan gaya hidupnya. Bisa jadi cara yang dilakukan adalah cara yang kriminal.

Well, di sini ada beberapa cara agar kita, anak muda generasi bangsa, tidak berperilaku hedonis, yaitu:

1. Meningkatkan Ilmu Agama

Ilmu agama dapat mengendalikan diri kita dalam melakukan hal-hal yang tidak ada manfaatnya. Ilmu agama menjadikan kita memahami hakikat dunia dan tujuan kita sebenarnya. Ilmu agama menjadikan kita lebih memilih hal-hal yang berguna daripada hanya berfoya-foya. Rasulullah shalallahu ?alaihi wa sallam bersabda, ?Gunakanlah lima perkara sebelum datang lima perkara, (1) masa mudamu sebelum masa tuamu, (2) sehatmu sebelum sakitmu, (3) kayamu sebelum miskinmu, (4) waktu senggangmu sebelum waktu sibukmu, dan (5) hidupmu sebelum matimu.? (HR. Hakim Hadits Shahih berdasarkan Bukhari dan Muslim). Itu adalah salah satu perkataan rasulullah tentang hidup didunia, bahwa dengan begitu kita mengerti apa yang harus kita lakukan.

2. Membuat daftar skala prioritas

Pada perilaku hedonis ini biasanya mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu, hanya karena gaya hidup saja. Nah, untuk meminimalisir perilaku hedonis perlu kita tulis daftar skala prioritas. Skala prioritas ini adalah bentuk mengurutkan kebutuhan-kebutuhan yang penting sampai pada tidak penting dan disesuaikan dengan pemasukan kita. Penting disini adalah apa-apa yang kita beli adalah benar-benar kebutuhan kita, contohnya membeli handphone yang canggih karena handphone yang lama sudah rusak dan perlunya penggunakan untuk kegiatan sehari-harinya.

3. Memilih teman

Pilihlah teman yang tidak membuat kita membuang-buang uang tanpa kepentingan yang jelas. Teman memang sangat berpengaruh bagi diri kita, karena jika teman kita hedonis kita akan merasa asing jika tidak mengikuti hal yang sama dengan mereka. Oleh karena itu lebih baik pilihlah teman-teman yang mengajak kepada hal-hal yang manfaat, sehingga kita akan menjadi orang yang juga melakukan hal-hal baik.

4. Ciptakan hidup sederhana

Menciptakan hidup yang sederhana ini adalah dengan kita melihat orang-orang yang tidak seberuntung kita. Coba kita datangi anak yatim piatu, orang-orang yang pekerjaannya yang begitu sulit, seperti orang yang membersihkan jalanan, mengambil sampah, dan orang-orang yang kehidupannya jauh sulitnya dibandingkan kita. Dengan begitu kita menjadi menghargai setiap nikmat yang didapatkan dan tidak membuang-buang uang untuk hal yang tidak perlu dan tidak manfaat.

Itulah beberapa hal agar kita menjadi generasi muda yang tidak berperilaku hedonis. Mungkin kita tidak menyadarinya apakah perilaku kita hedonis atau tidak, namun jika apa yang kita keluarkan tidak bermanfaat baik bagi diri kita atau orang lain berarti apa yang kita keluarkan adalah sia-sia.

Jadi, yuk kita belajar untuk menciptakan generasi yang tidak menghambur-hamburkan uang yang tidak perlu. Namun jika ingin menghambur-hamburkan uang, hamburkanlah pada tempat yang baik. Berbagi kepada orang yang tidak mampu misalnya. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.