Berita Nasional Terpercaya

Keren! Bukan Hanya untuk Perawatan Wajah dan Tubuh, VCO juga Dapat Memudahkan Hidup Kamu. Ini Buktinya!

0

Bernas.id – Berbeda dengan minyak kelapa yang umum dijual sebagai minyak goreng, minyak kelapa murni atau virgin coconut oil bisa mempunyai manfaat yang cukup beragam untuk badan Anda. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak yang jauh lebih sedikit walaupun kalori satu sama lain tidak terlalu jauh berbeda.

Yang membuat kandungan mereka tidak sama adalah bahan serta proses pembuatannya. Walaupun sama-sama berasal dari kelapa, minyak kelapa dibuat dari daging kelapa yang dikeringkan atau kopra. Sedangkan VCO dibuat dari daging kelapa yang masih segar. Tidak mengherankan jika isi dari kedua minyak ini begitu berbeda.

Kandungan lemaknya yang hanya 14 gram per 100 gram-nya membuat VCO aman dikonsumsi sebagai bahan untuk menggoreng. Terlebih minyak jenis ini juga mengandung vitamin E dan K yang baik untuk kesehatan kulit anda.

VCO juga sering dipakai di berbagai tempat perawatan kecantikan sebagai bahan masker atau treatment lainnya. Tetapi anda tidak perlu ikut perawatan kecantikan untuk dapat memperoleh manfaat menyeluruh untuk badan. Cukup oleskan minyak ini di bagian-bagian yang butuh perawatan dan anda akan merasakan hasilnya. Seperti apa caranya?

Membantu penyembuhan luka

Minyak di sini juga dapat dipakai sebagai pengganti antiseptik yang dijual di pasaran. Ketika kita mengoleskan VCO pada luka minyak tersebut akan membentuk lapisan tipis yang akan melindunginya dari debu bakteri dan virus. Maka dari itu luka akan segera mengering, minyak ini juga mempunyai kandungan vitamin E dan K yang dapat menutrisi kulit serta mengobati iritasi.

Melindungi diri dari sinar matahari

Dengan SP4, minyak kelapa murni dapat menjadi pelindung yang pas jika anda terpapar sinar matahari dalam waktu yang singkat. Cobalah untuk mengaplikasikannya 3 hingga 4 tetes VCO pada wajah sebelum keluar rumah untuk hasil yang baik.

Membuat rambut semakin sehat

Bagi Anda yang mempunyai rambut kering, kusam, dan tidak sehat, VCO bisa menjadi alternatif lain untuk merawat rambut. Oleskan sedikit minyak dari pangkal hingga ujung rambut kemudian bilas dengan air. Jika rambut Anda bercabang maka cukup oleskan sedikit di ujung rambut, pemakaian minyak ini bisa dilakukan setiap hari.

Minyak ini juga bisa digunakan sebagai masker rambut. Caranya dengan memberikan VCO dalam rambut hingga terlihat mengkilap. Kemudian diamkan selama lebih kurang 1 jam. Setelah itu bilas memakai air hangat.

Bagi Anda yang ingin mempunyai rambut lebat juga bisa menggunakannya, tetapi caranya sedikit berbeda dengan sebelumnya. Usap sebagian kulit kepala dengan minyak kelapa murni, setelah itu pijat dengan lembut. Nantinya VCO Dapat meresap ke pori-pori kulit kepala saat proses ini berlangsung. Hal ini diyakini mampu untuk membantu kesuburan rambut Anda dan lakukanlah secara rutin setiap sebelum keramas.

Membuat kulit lembab

Minyak yang bisa ditemukan di apotek atau toko online ini juga sangat baik untuk melembabkan semua jenis kulit. Cara penggunaannya pun tidak susah, cukup oleskan VCO ke bagian tubuh yang sering mengalami kekeringan seperti siku, tumit, dan leher. Kelembabannya pun cukup tahan lama meskipun basah setelah dibilas oleh air sekalipun. Untuk perawatan lainnya, Anda bisa menggunakan VCO untuk scrub dan masker wajah.

Scrub dapat dihasilkan dari minyak yang ditambahkan dengan gula, kemudian gosok perlahan pada wajah dan bilas dengan air hangat. Sedangkan jika digunakan sebagai masker wajah, Anda bisa membuatnya dari campuran VCO dengan madu dan diamkan 20 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Menghapus kosmetik

Beberapa orang mungkin bingung memilih make up remover atau penghapus kosmetik. Pasalnya bila tak cocok dengan kondisi kulit Anda, bahan tersebut juga dapat membuat masalah kulit seperti jerawat. VCO bisa menjadi alternatif untuk anda yang alami dan cocok untuk berbagai jenis kulit. Bahkan minyak ini efektif untuk menghapus make up anti air yang biasanya lebih susah untuk dihilangkan. Kelebihannya wajah tidak akan terasa keras setelah menghapus make up dengan VCO.

8 manfaat dari VCO selain untuk perawatan wajah dan tubuh

Kilaukan bahan kulit dan kayu

Anda mempunyai sofa, tas, sepatu atau mungkin pakaian berbahan dasar kulit tetapi warnanya sudah tak mengkilap? Jangan khawatir anda bisa menyulapnya menjadi seperti baru dengan menggunakan VCO.

Oleskan minyak ke permukaan bahan kulit yang akan dibersihkan, kemudian gosok dengan menggunakan lap kain. Biarkan hingga meresap ke dalam bahan kulit, setelah itu simpan kembali barang-barang kulit terlihat seperti baru.

Perabotan berbahan dasar kayu juga bisa kembali mengkilat dengan menggunakan VCO. Cukup siapkan lap kain yang telah dibasahi dengan VCO, kemudian oleskan secara merata ke atas perabot kayu yang diinginkan. Perabot kayu di rumah Anda akan terlihat mengkilap dan indah.

Merawat wajan dan panci

Noda yang membandel pada wajan dan panci memang bisa membuat orang merasa risih untuk menggunakannya. Tetapi jika terlalu sering mencuci, alat-alat masak berbahan dasar stainless justru akan menimbulkan goresan.

Untuk mencegah hal ini, Anda bisa menggunakan VCO sebagai pelapis pada wajan .Cara pengaplikasiannya, oleskan VCO ke permukaan wajah atau panci, kemudian masukkan ke dalam oven beberapa saat. Wajan atau panci akan dapat digunakan kembali tanpa perlu dicuci setiap selesai pemakaian.

Perpanjang kesegaran telur

Telur yang disimpan di lemari es bisa bertahan 3 hingga 5 minggu. Dengan mengoleskan minyak 80 pada cangkang telur besar darahnya akan terjaga lebih lama. Visio mampu menahan masuknya udara dalam telur sehingga masanya pun akan bertambah sekitar 1 hingga 2 Minggu.

Merawat senar gitar

Bagi Anda yang suka bermain gitar, senar gitar adalah hal yang wajib untuk dirawat dengan baik. Bila tidak dijaga, senar gitar akan sangat mudah patah dan Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk membelinya. Untuk mencegah hal itu terjadi, anda dapat mengoleskan VCO ke senar gitar supaya tetap lembab dan tahan lama.

Membuka resleting macet

Resleting pakaian, celana atau mungkin tas yang macet tiba-tiba bisa menjadi petaka yang menyebalkan. Untuk saat-saat seperti ini, tidak ada salahnya Anda menyediakan VCO. Cukup dengan mengoleskannya di jalur resleting pada jalur kaitannya secara perlahan. Nantinya resleting akan dapat lancar kembali.

Lunturkan noda kamar mandi

Selain untuk bahan kulit, VCO juga bisa digunakan sebagai pengganti bahan kimia untuk membersihkan noda di kamar mandi. Cukup dengan menuangkan minyak tersebut, kemudian gosokkan ke permukaan kamar mandi. Seketika akan hilang tanpa perlu bahan kimia.

Hilangkan karat pada engsel pintu

Engsel pintu yang kering dan berkarat akan menimbulkan bunyi berderit yang terkadang mengganggu. Terlebih lagi bunyinya mirip dengan suara-suara yang ada di film horor. Kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi ketika menggunakan VCO. Engsel pintu yang berdecit tersebut akan berfungsi kembali karena VCO berguna sebagai pelumas yang memperlicin engsel pintu.

Hapus noda permen karet

Bekas permen karet yang menempel di perabot memang susah dihilangkan dan terkadang membuat rasa kesal bukan main. Padahal dengan mengoleskan VCO ke perabot yang tertempel bekas permen karet, Anda akan bisa menghilangkan bekas tersebut dengan sangat mudah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.