Berita Nasional Terpercaya

Bermain Games Tidak Selalu Berdampak Buruk. Ini 5 Penjelasannya

0

Bernas.id – Stigma yang melekat untuk gamer di masyarakat seringkali masih buruk. Banyak yang berkata bahwa kalau gamer itu hanya menghabiskan waktu, uang, tidak punya teman, dsb. Hal ini melekat karena banyaknya anak-anak yang belum bisa bertanggung jawab atas dirinya sendiri sehingga seringkali mereka bermain games secara tidak bertanggung jawab. Hal tersebut tentu saja menjadi keluhan banyak orang tua yang dimana akhirnya melarang anaknya untuk bermain games karena ditakutkan anaknya hanya akan bermain game sepanjang waktu.

Tentu saja ini, menjadi tanggung jawab bersama para orang tua untuk harus lebih bijak dalam mengedukasi sang anak agar tetap bertanggung jawab dalam banyak hal sehingga tidak hanya pintar bermain game tetapi juga tetap bisa berprestasi di sekolah.
Berikut, beberapa dampak positif jika bermain games:

1. Mengasah Otak
Dengan bermain game seringkali kita memutar otak agar kita bisa memenangkan permainan tersebut. Jika kita bermain game secara berkala, kita akan mempunyai otak yang dapat dengan cepat memikirkan dan menangkap sesuatu dengan cepat. Hal ini terjadi karena banyak game yang menuntut pemainnya bisa mengambil kendali dan berpikir sendiri. Bahkan ada game yang mendorong pemainnya untuk bersabar dengan cara memecahkan teka-teki terlebih dahulu sebelum bisa melanjutkan permainan berikutnya.

2. Melatih Kemampuan Berbahasa Inggris
Seringkali game yang kita mainkan menggunakan bahasa inggris. Hal ini tentu saja dapat membantu dalam belajar bahasa inggris sehingga kita dapat semakin mahir menggunakan bahasa inggris.

3. Mengajarkan Sportivitas
Dalam hal ini sering kali terjadi ketika kita bermain game yang bertemakan olahraga. Secara tidak langsung mengajarkan kepada yang kalah dalam permainan tersebut untuk menerima kekalahannya dan yang menang tidak terlalu sesumbar.

4. Mengajarkan Kerjasama Tim
Hal ini sering terjadi dalam game online seperti DOTA 2 ataupun Mobile Legend. Dalam game ini pemain akan terbagi dalam 2 tim yang masing-masing beranggotakan 5 orang yang dituntut bekerjasama untuk meraih kemenangan. Bermain game dalam tim bukanlah hal yang sepele karena diperlukan koordinasi tim yang baik. Hal ini tentu membuat para gamer belajar tentang bagaimana kerja sama dan kounikasi di dalam tim untuk meraih sesuatu.

5. Membuat Senang
Ini adalah hal paling mendasar kenapa game diciptakan. Untuk membuat senang para pemainnya. Bermain game memang seharusnya untuk bersenang-senang yang dimana tetap harus bertanggung jawab. Jangan sampai berlebihan dalam bermain games karena sesuatu yang berlebihan tentu saja akan berdampak negatif.

Leave A Reply

Your email address will not be published.