Berita Nasional Terpercaya

Bencana Alam Gunung Agung Pengaruhi Penurunan Wisman

0

JAKARTA, Bernas.id-Situasi yang tengah dialami Bali dengan masalah status awas Gunung Agung ternyata berdampak besar dari sisi pariwisata. Ada penurunan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk lewat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisman yang masuk lewat Bandara Ngurah Rai pada September 2017 berjumlah 550.238 orang. Namun, pada bulan berikutnya berkurang hampir 87.975 menjadi 462.263 orang.

?Secara bulanan, jumlah wisman turun tipis, tapi secara tahunan meningkat,? terang Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta.

Berdasarkan data BPS, jumlah wisman yang mendarat di Bandara Ngurah Rai pada Oktober tahun lalu berjumlah 423.140. Artinya, ada kenaikan sekitar 9,24 persen.

 ?Kalau dampak Gunung Agung tidak panjang harusnya dampak ke Bandara Ngurah Rai tidak berkepanjangan. Dan kami belum bisa memprediksi secara pasti dampak erupsi tersebut kepada jumlah kunjungan wisman secara total ke Indonesia,? kata Suhariyanto.

Suhariyanto menilai, jika melihat penerbangan pesawat yang sudah mulai dibuka kembali pasca erupsi Gunung Agung, kondisi itu tidak memberikan dampak pada sektor pariwisata yang tinggi.

Tercatat berdasarkan data BPS, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia sepanjang Januari hingga Oktober 2017 naik 23,55% menjadi 11,62 juta dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 9,4 juta.

Leave A Reply

Your email address will not be published.