Berita Nasional Terpercaya

Tjahjo: Sepanjang Program Prioritas DKI, Kemendagri Setujui APBD

0

JAKARTA, Bernas.id ? Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengungkapkan evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2018 dilakukan guna mencermati skala prioritas anggaran.

Mendagri tak mau anggaran untuk program prioritas lebih kecil dibanding pos anggaran lain, seperti studi banding.

“Bukan motong (tapi) bisa mengalihkan sepanjang program skala prioritas belum masuk. Atau mungkin jangan sampai lebih banyak uang untuk studi banding daripada uang untuk mengatasi sampah di Jakarta, harus seimbang pokoknya,” ujar Tjahjo di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Selasa (5/12/17).

Skala prioritas yang dimaksud Tjahjo adalah program yang berkaitan dengan kesehatan, pendidikan, fasilitas umum, serta program mengatasi kemacetan dan banjir. Menurut Tjahjo, jika program yang masuk sebagai prioritas dalam APBD DKI yang besarannya mencapai Rp 77,117 triliun bisa disetujui Kemendagri.

“Sepanjang program skala prioritas untuk kepentingan masyarakat Jakarta jangan terpotong. Misalnya masalah banjir, pendidikan, kesehatan, dan masalah membangun fasilitas umum. Soal yang lain-lain itu menyesuaikan apa yang menjadi aspirasi Pak Anies, Pak Sandi, dan aspirasi DPRD yang dibahas bersama,” katanya.

Kemendagri memperhatikan postur anggaran terkait dukungan untuk program strategis nasional. “Janji kampanye Pak Anies-Pak Sandi itu menjadi program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang pemerintah DKI. Bagi Kemendagri, jangan sampai memotong, mematikan, atau mengurangi atau menghambat program strategis nasional itu saja, titik,” tegasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.