Berita Nasional Terpercaya

Wahai, Remaja Putri dan Calon Ibu, Jaga Kesehatan Rahimmu Sejak Dini!

0

Bernas.id – Tak ada yang menampik peran penting makanan sehat untuk kesehatan janin saat seorang ibu sedang hamil. Namun, apakah makanan sehat harus di saat seorang ibu sedang hamil saja, bagaimana saat masih muda atau belum menikah?

Biasanya wanita muda, baik yang masih kuliah ataupun sudah bekerja, terkadang lupa atau malah tidak memerhatikan apa yang ia makan. Bahkan mungkin, makan apa adanya (meski hanya sebuah gorengan dari pagi hingga siang bahkan menuju sore). Hal ini dikarenakan kesibukan dengan berbagai aktivitas sehingga jadwal makan pun lebih sering berantakan dibanding dengan jadwal pekerjaan.

Justru ada baiknya seorang wanita muda memerhatikan kesehatan rahimnya dengan cara memerhatikan makanannya. Menurut dr. Rosdiana Ramli dalam bukunya “Cara Cepat Hamil”, salah satu syarat untuk kondisi pembuahan adalah rahim yang sehat. Jadi, tidak ada salahnya jika kita menjaga kesehatan rahim kita sejak sebelum menikah.

Meski hadirnya anak adalah rahasia Allah, tidak ada salahnya kita berusaha untuk tetap hidup sehat. Untuk itu, penting sejak dini seorang perempuan mendapatkan asupan makan yang bergizi dan mulailah memerhatikan apa yang kita makan. Jika kesehatan Anda terganggu karena pilihan gaya hidup dan makanan maka hormon di dalam tubuh akan kacau dan berpengaruh pada kesuburan rahim.

Seperti misalnya Mbak Rani (bukan nama sebenarnya), saat semua temannya memilih makan bakso dan minum teh botol, ia lebih memilih makan nasi rames dan jus buah. Alasannya sangat bagus, “Saya ingin mempersiapkan rahim saya untuk anak yang hebat.” Wuiih! Cita-cita yang tinggi. Tapi terkadang kita lupa bahkan mungkin meremehkan keinginannya. “Masih jauh, lo. Nikah juga belum.”

Jangan remehkan sesuatu yang kita anggap sepele! Justru dalam keinginan seseorang terkadang memiliki keoptimisan yang besar. Seperti Mbak Rani, ia optimis bahwa suatu saat ia akan menikah dan memiliki anak dari rahimnya. Bersama itu pula muncul tekadnya untuk menjaga rahimnya sejak ia masih kuliah. Tidak ada yang tidak mungkin. Setiap tindakan terkadang bisa menjadi doa yang terkabulkan. Bukankah Allah menurut prasangka hamba-Nya?

So, makanan sehat apa yang perlu dikonsumsi untuk kesehatan rahim? Berikut adalah hal yang perlu kita ketahui:

1. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan terutama yang mengandung vitamin C, E dan B kompleks;

Vitamin ini penting untuk pengaturan hormon-hormon di dalam tubuh. Seperti sayuran hijau (bayam), kecambah, buah jeruk dan mangga serta buah-buah lainnya.

2. Pilihlah makanan Karbohidrat kompleks;

Karbohidrat kompleks bisa didapat dari jenis serat dan biji bijian. Bagi Anda yang ingin cepat hamil dapat meningkatkan konsumsi beras merah dan roti gandum atau oatmeal. Karena jenis karbohidrat ini lebih lama dicerna sehingga Anda tidak mudah lapar.

3. Makanan yang mengandung Omega 3;

Kandungan Omega 3 bisa didapat dari ikan-ikan laut seperti tuna dan salmon. Juga pada kacang-kacangan seperti kedelai, flaxseed dan walnut. Bisa juga didapat dati telur yang sudah diberikan kandungan Omega 3 yang biasa dijual di supermarket.

4. Air;

Ternyata salah satu yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan adalah air putih yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Terapi air ini berpotensi meningkatkan produksi hormon-hormon kesuburan, testosterone dan estrogen. Caranya, minum air putih antara 8-10 gelas per harinya.

O iya, jangan lupa berolahraga ringan! Karena secara tidak langsung, olahraga juga mendukung kesehatan kita secara umum. Misalnya dengan jalan kaki selama 30 menit setiap hari, cukup dilakukan 3-4 kali seminggu. Karena olahraga yang terlalu intens justru akan mengacaukan siklus haid.

Setelah mengetahui, makanan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rahim, berikut adalah makanan apa yang baiknya kita hindari:

1. Kurangi konsumsi karbohidrat;

Dalam hal ini yang paling penting, kurangi porsi nasi dan karbohidrat sederhana lainnya seperti gula, roti, kentang dan makanan yang mengandung tepung. Karena jenis karbohidrat ini mengandung karbohidrat yang cepat berubah menjadi gula. Kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan ketidaksuburan.

2. Kurangi makanan berlemak;

Makanan berlemak dapat mempengaruhi hormon-hormon dan meningkatkan berat badan sehingga mengganggu kesuburan.

3. Makanan kaleng;

Makanan kaleng termasuk juga soda karena mengandung pemanis buatan yang tidak baik untuk kesehatan. Hal ini tentunya berpengaruh juga pada kesehatan rahim.

4. Hindari makanan yang disajikan mentah;

Seperti steak, sushi atau sashimi. Kalau ingin makan steak, pesan yang well done! Termasuk juga sate. Kalau mau makan sate, pastikan dagingnya sudah matang!

5. Kurangi atau hentikan merokok;

Ternyata kandungan zat-zat dari rokok sangat berbahaya untuk kesehatan kita. Karena zat-zat dari rokok dapat menyebabkan indung telur mengerut dan menghambat aliran darah di daerah organ reproduksi.

6. Alkohol;

Konsumsi alkohol dapat menghambat kerja enzim-enzim yang penting dalam pembentukan hormon-hormon.

7. Batasi konsumsi kafein;

Konsumsi kafein yang dianggap aman adalah 2 cangkir sehari, tetapi dapat bervariasi ambang toleransinya untuk tiap orang.

Nah, setelah membaca uraian di atas dan berharap kelak menjadi seorang ibu, ada baiknya kita mulai memerhatikan jenis makanan yang kita konsumsi sekarang. Karena apapun yang masuk ke dalam tubuh kita, nantinya berpengaruh terhadap kesehatan kita di masa mendatang. Terutama organ dan sistem reproduksi seperti rahim.

(Referensi: Cara Cepat Hamil-dr.Rosdiana Ramli, Sp.OG.)

Leave A Reply

Your email address will not be published.