Berita Nasional Terpercaya

Begini Cara Merencanakan Perjalanan Liburan yang Menyenangkan!

0

Bernas.id – Indonesia terbuat dari kepingan logam surga yang tercecer di Bumi. Jutaan pesona wisata di seantero penjuru yang bisa kita nikmati. Pantai, Gunung, Air terjun, Candi, dan sebagainya. Semuanya ada di Negeri ini, Indonesia. Tidak usah keluar negeri. Lebih lengkap disini. Secara bebas juga kita untuk memilih.

Tapi apakah kita selalu siap saat dalam perjalanan yang kita lakukan? Bukan kesenangan hati yang kita dapat, malah kecewa setelah melakukan liburan. Hal ini yang harus kita hindari.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dan mungkin dapat menjadi pertimbangan anda dalam merencanakan:

1. Waktu

Carilah hari, tanggal dan bulan saat anda akan pergi berlibur. Serta Beberapa hari yang anda butuhkan. Ya, hal ini penting agar rutinitas kesibukan anda tidak terganggu, baik tentang tugas pekerjaan atau tugas sekolah. Lebih dari itu, kita dapat menghindari terganggunya akifitas siklus cuaca yang tidak menentu. Sebaiknya liburan anda lakukan saat intensitas curah hujan rendah. Bulan April-Agustus sebagai  bulan yang mungkin baik untuk melakukan liburan. 

2. Biaya

Siapkan biaya yang kira-kira akan anda keluarkan saat liburan. Untuk menghidari over budget. Neraca keuangan anda harus seimbang bukan? transportasi yang anda gunakan, pemilhan penginapan, oleh-oleh yang anda akan beli dan biaya-biaya lainnya. Anda harus membuat etimasi biaya terlebih dahulu. Dan lebih baik anda perhitungkan 1,5 x estimasi biaya yang ada hitung. Perhitungan ini untuk berjaga-jaga jika terjadi yang tidak diingginkan dalam liburan.

3. Teman

Ajaklah teman yang mempunyai visi dan misi yang sama, jika anda tidak suka berlibur sendiri. Dalam arti lain mempunyai kemiripan karakter. Ini akan menghindari dari pertengkaran sesaat. Terkadang kita egois saat liburan. Keinginan kita belum tentu sama dengan teman perjalanan kita.

4. Tempat

Anda harus tahu tempat yang akan menjadi pilihan liburan. Cari informasi ada apa saja tempat destinasi yang anda akan kunjungi. Pengambilan keputusan saat menjadwalkan tempat berpengaruh dalam efektifitas waktu saat berada di tempat liburan. Semisal, hari pertama pagi mau kemana, dilanjutkan destinasi berikutnya, kapan kembali ke penginapan, dan selanjutnya.

5. Perlengkapan

Siapkan semua perlengkapan yang anda butuhkan. Alat komunikasi serta pendukungnya, pakaian yang seperlunya dibawa. Serta alat dokumentasi liburan. Hindari membawa barang atau benda yang tidak ada kaidahnya dalam liburan anda. Agar tidak menjadi beban di tas anda.

Sebaik-baiknya kita merencanakan liburan, tidak ada yang lebih baik dari berdoa kepada yang kuasa sebelum berpergian. Serta jangan lupa juga beri salam hangat untuk istana (rumah) yang sesaat akan kau tinggalkan. Mari kunjungi Negeri yang bagai surga ini, dan ingat jangan buang sampah sembarangan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.