Berita Nasional Terpercaya

Tips Jitu Meraih Kebahagiaan Dalam Ketidakpastian. Berani Coba?

0

Bernas.id – Tidak dapat dipungkiri bahwa ketidakpastian dapat mengundang kegalauan, kegelisahan dan rasa tidak pede menyambut masa depan.

Ketidakpastian dapat menerpa siapa saja, tidak ada manusia yang tidak memiliki kegelisahan meski hanya sedikit. Hanya saja, banyak yang menyimpan kegelisahan berlebihan terhadap ketidakpastian, yang membuat dirinya sulit meraih kebahagiaan.

Ingin meraih kebahagiaan dalam ketidakpastian? Berikut tips dari ustadzah Tribuwhana, seorang aktivis Islam dan guru SDIT di Kepanjen, Jawa Timur.

1. Bahagia dalam pekerjaan dan aktivitas bermanfaat

Jika terus bergerak, ketidakpastian itu akan berubah dan membawa kita pada hal yang lebih pasti. Menurut Aidh Al Qarni dengan mengerjakan sesuatu yang bermanfaat di rumah atau lingkungan kita dapat membebaskan diri dari “hantu” ketidakpastian.

2. Bahagia dengan seni kebahagiaan yang kita ciptakan

Apa yang telah dan sedang kita rasakan, itu sudah menjadi milik kita. Tapi untuk yang akan datang, belum tentu milik kita lagi. Yang hidup bisa mati, yang bersama bisa berpisah, yang digenggam bisa berpindah tangan.

Siapkan diri kita untuk menjalani ketidakpastian, inilah seni kebahagiaan untuk membuat diri merasa nyaman.

Kita juga harus memahami, bahwa ketidakpastian hadir bukan untuk menghambat perjalanan hidup menuju sukses, tapi hadir untuk mempersiapkan diri kita meraih sukses yang lebih dari yang direncanakan, menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Kita bisa bahagia dengan terus tersenyum, mencari alasan yang bisa membuat orang lain bahagia, kita harus rutin melakukan ini hingga kebahagiaan  menjadi sifat alami kita. Sebuah kenyataan bahwa kita tidak dapat menghilangkan semua kesedihan kita, karena kehidupan ini diciptakan sebagai sebuah ujian, termasuk ketidakpastian itu.

Allah SWT berfirman, ?Sesungguhnya Kami menciptakan manusia berada dalam susah payah.?(QS. Al Balad: 4)

3. Bahagia dengan keyakinan terhadap ketentuan Allah SWT

Dalam ketidakpastian kita mengalami banyak hal, semua itu terjadi sesuai dengan ketentuan Allah SWT. Seorang yang beriman harus meyakini, kegelisahannya tentang kondisi di masa yang akan datang sesungguhnya telah ada dalam ketentuan dan catatan Allah SWT yang serba pasti, dan tentu saja selalu baik untuk kita.

Allah SWT berfirman, ?Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia baik bagimu. Dan boleh jadi kamu mencintai sesuatu, padahal ia buruk bagimu.?(QS. Al Baqarah: 216).

Dalam keadaan sulit, kita ingin segera keluar dari ketidakpastian dan mendapatkan yang lebih pasti. Padahal sesungguhnya, boleh jadi apa yang dialami di masa-masa sulit itu ternyata ada kebahagiaan paling indah. Ada rahasia yang menuntun kita dalam kehidupan ini yaitu dengan mengetahui nilai kepalsuan dunia ini.

4. Bahagia karena meyakini bahwa Allah SWT selalu menemani

Orang-orang sukses yang telah mencapai kejayaannya pernah berada dalam ketidakpastian. Para tokoh Islam yang kita kagumi adalah orang-orang yang tidak pernah lepas dari keadaan itu, namun mereka bukan orang-orang yang mudah dilumpuhkan oleh kegalauan dan serangan penyakit mental. Mereka selalu hidup dalam kedamaian dan kebahagiaan, yakin bahwa Allah SWT selalu menemani.

Keyakinan akan pengawasan dan kehadiran Allah SWT dalam setiap hal yang dikerjakan akan mendorong kita untuk selalu dekat pada Allah SWT, selalu berdoa agar Dia meneguhkan hati kita. Sekuat apapun usaha manusia, yang menentukan hasilnya adalah Allah SWT.

Bahagiakan diri dengan apa yang Allah karuniakan kepada kita, biarkan orang lain menikmati kebahagiaannya dengan apa yang ada di tangan mereka. Semoga kita dapat meraih kebahagiaan dalam setiap ketidakpastian yang menghampiri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.