Berita Nasional Terpercaya

Ingin Menyembuhkan Diri dari Stres? Coba Terapi Kesenian

0

Bernas.id – Ada semakin banyak kejadian dan peristiwa yang dapat memicu stres dalam keseharian kita. Kondisi kemacetan lalu lintas, ketidaksabaran orang-orang di jalan raya sampai kepenatan dalam bekerja kian menambah faktor tingkat stres kita. Untuk mengurangi tingkat stres, kita dapat mencoba terapi kesenian.

Baca juga: Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

Terapi kesenian (art as therapyadalah terapi melakukan berbagai kegiatan kesenian, seperti seni rupa, seni tari, seni musik, sampai seni merangkai kata. Terapi kesenian di antaranya adalah terapi seni rupa. Beberapa kegiatan di bawah ini adalah terapi seni rupa yang dapat dilakukan.

Melihat Sisi Artistik dari Dunia

Keluarlah ke halaman, memandangi alam sekitar. Berhentilah dan lihat baik-baik. Perhatikan betapa indahnya cahaya sinar mentari yang menerangi daun-daun. Rasakan angin yang berhembus, perhatikan bayangan kita di tanah. Perhatikan tanda-tanda alam. Tarik napas panjang dan hembuskan. Rasakan segala kenikmatan di dunia. Dengan pengalaman sensori ini, kita membuka mata akan jiwa artistik kita yang muncul ke permukaan.

Baca juga: Interpretasi : Pengertian , Tujuan, dan Macam-macamnya

Membuat Jurnal Visual

Dedikasikan satu buku. Kumpulkan benda-benda. Bisa sebuah kartu, tiket perjalanan, kertas berwarna, sampai tulisan. Tempel benda-benda tersebut. Tulis dan gambarkan semua yang kita rasakan. Jangan berpikir tentang benar salah atau bagus dan jelek. Buat secara rutin, setiap hari. Untuk menambah rasa percaya diri, kita bagikan gambar atau potret jurnal kita. Tuangkan emosi dan perasaan sampai keluar rasa lega.

Baca juga: 51 Jenis Font Keren untuk Desain dan Menulis Buku

Membuat Gambar Intuitif

Torehkan cat air atau cat poster dengan kuas. Gerakkan tangan kita secara bebas. Tidak perlu membuat gambar khusus atau bentuk yang nyata. Jika dalam benak kita terlintas sebuah bentuk gambarkan bentuk tersebut. Jangan berpikir mengenai kesempurnaan. Mainkan warna-warna yang berbeda. Biarkan tangan mengekspresikan apa yang dirasakan. 

Cobalah lakukan kegiatan ini secara rutin dan rasakan perbedaan dalam diri kita. Seni adalah cara kita mengekspresikan emosi terdalam dari diri.

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

Leave A Reply

Your email address will not be published.