Berita Nasional Terpercaya

Para Guru, Perlukah Diadakan Monev Kurikulum 2013?

0

Bernas.id – Monev kurikulum terhadap guru sasaran kegiatan yang luar biasa dilakukan oleh guru-guru yang sudah berkompeten, tugas yang berat untuk meluruskan kesalahan yang diperbuat pada masa lalu. Segala yang diberikan baik ilmu dan tenaga mereka curahkan agar mampu menilai baik dan salahnya suatu pembelajaran. 

Kegiatan ini di lakukan supaya guru sasaran benar-benar mampu menghidupkan pembelajaran agar bisa menghasilkan kinerja yang maksimum. Setiap kegiatan guru yang dimonev dikhususkan untuk kelas 8. Kegiatan ini sangat menghidupkan kurtilas yang lalu, begitu diperhatikan perkembangannya sehingga tidak diabaikan begitu saja. Dalam kegiatan ini banyak sekali kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh guru sasaran pada tahun lalu diantaranya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang absur.

Sebagian kesalahan terletak pada kata-kata yang tafsirannya berbeda dengan yang seharusnya dilakukan, ini terjadi karena adanya pergantian tiap tahun, adanya perubahan pada Permen, dan adanya perubahan pada kurikulum itu sendiri. Apakah guru yang salah? Jelas tidak, karena RPP itu bernyawa. Begitu kita bukukan maka mereka terasa kepanasan sehingga perlu lagi untuk dibasahi dengan segala peraturan yang jelas.

Ribuan kali RPP diganti tapi tetap saja mengajarnya begitu, yang namanya teoritis tidak lepas dari segi aturan. Kejadian ini bisa di prakarsai dengan adanya sistem untuk men-judge bahwa pembelajaran itu harus sesuai dengan RPP yang di buat. Ribuan model pembelajaran yang dicantumkan dalam RPP tapi dalam kenyataannya siswa belum siap untuk diberikan model pembelajaran itu maka tetap saja yang paling manjur adalah pendekatan secara terbimbing. Bejibun model-model pembelajaran yang dikenalkan pada saat menjadi guru sasaran namun malangnya yang dipakai tetap sistem lama. 

Peraturan tetap peraturan, alasan apapun itu kita sebagai guru sasaran harus patuh terhadap aturan yang ada. RPP yang salah harus segera diperbaiki dengan sigap, lelah bukan halangan untuk menjadi guru inspiratif. Asalkan ikhlas pasti akan menjadi amal ibadah yang besar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.