Berita Nasional Terpercaya

Patut Terapkan! Tujuh Langkah Agar Anak Gemar Membaca

0

Bernas.id – Memiliki anak yang gemar membaca adalah dambaan bagi para orang tua. Kemampuan membaca akan membuat anak dapat mengembangkan imajinasi, memperkaya pengetahuan, dan menjadi pembelajar seumur hidupnya. Namun apa yang membuat anak yang satu tidak suka membaca dan anak yang lain senang membaca? Salah satu faktor yang menentukan adalah kebiasaan orang tua dan lingkungan di sekelilingnya. Beberapa cara di bawah ini dapat dipakai untuk mengembangkan minat baca anak.

Panutan Membaca

Sedari kecil anak akan melihat dan meniru segala kebiasaan orang tua. Tidak perlu kita menyuruh atau memaksakan anak untuk membaca. Kita memulainya dengan sering membaca di depan anak-anak kita. Sampaikan bagian lucu atau menarik dari buku yang kita baca dengan sederhana. Sesekali tunjuk gambar dalam buku yang menarik dan perlihatkan ke anak.

Membaca Sebelum Tidur

Pembiasaan membaca sebelum tidur, bahkan sebelum anak dapat membaca, akan meningkatkan ikatan batin antar orang tua dan anak. Membaca keras (read a loud) bahkan masih disarankan sampai anak berusia remaja. Seandainya anak Anda yang masih berusia balita memegang buku kemudian hanya membolak-balik buku dan menutupnya, kita tidak perlu kecewa. Jangan paksakan anak untuk membuka kembali buku. Walaupun anak hanya memegang buku dan membukanya beberapa detik. Kegiatan ini kita ulang kembali keesokan harinya. Lama kelamaan anak akan semakin lama memegang buku dan mulai tertarik ketika kita membaca kata per kata. Jangan terburu-buru memaksakan anak membaca. Biarkan kegiatan ini menjadi kegiatan yang disukai sampai ia benar-benar siap membaca sendiri.

Stimulus Sensori

Buku yang mengeluarkan suara, menyajikan tekstur berbeda, disertai dengan boneka tangan, akan membuat anak mendapatkan pengalaman sensori yang mengasah otaknya. Suara orang tua yang senang didengarnya berpadu dengan suara tokoh buku dan juga boneka tangan. Anak balita yang belum bisa membedakan antara realita dan khayalan sangat menyukai aktivitas ini.

Membangun Koneksi

Ketika anak sudah duduk di sekolah dasar, membacalah bersamanya. Luangkan waktu untuk mengaitkan tokoh yang ada dalam buku dengan kehidupan sehari-hari. Kaitkan juga buku yang dibaca dengan buku yang lain. Dengan membuat koneksi kita dapat melihat seberapa jauh pemahaman anak terhadap buku yang dibaca. Lakukan kegiatan ini dalam keadaan santai.

Tumbuhkan Minat

Biarkan anak memilih buku yang disukainya. Jangan paksakan buku yang kita sukai untuk dibaca anak-anak kita. Bebaskan mereka memilih, selama kita sudah menetapkan rambu-rambu kriteria buku yang dipilih. 

Visualisasi

Buatlah gambar bersama anak yang menggambarkan isi buku tersebut. Gambar boleh disertai dengan kutipan menarik dari buku yang dibaca. Dengan membuat visualisasi anak akan mengembangkan imajinasinya akan buku yang ia lihat. Selain menggambar, kita juga bisa menonton bersama apabila ada judul buku yang difilmkan. Kita dapat berdiskusi bersama anak tentang perbedaan buku dengan film yang ditonton.

Bangun Komitmen

Untuk anak yang lebih dewasa seperti remaja sepakati waktu bersama misalnya 15 menit untuk membaca. Jadikan ini kebiasaan rutin di rumah yang menyenangkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.