Berita Nasional Terpercaya

Guru Favorit, Perlukah!!!

0

Bernas.id – Pada umumnya manusia di bumi ini membutuhkan sesuatu yang dapat menumbuhkan gairah atau penyemangat. Salah satunya adalah pemberian penghargaan. Para praktisi pendidikan yang ujung tombaknya adalah guru juga membutuhkan hal itu. Oleh karena itu, di sekolah perlu diadakan ajang pemberian penghargaan dengan kategori tertentu, di antaranya guru terfavorit.

Profesi guru mengharuskan selalu berinteraksi dengan pribadi-pribadi atau individu-individu, terutama interaksi dengan peserta didiknya. Tentu saja, hal ini menimbulkan penilaian tersendiri. Penilaian itu dibuat oleh sekolah masing-masing dengan kategori- kategori masing-masing pula, misalnya penilaian untuk kategori guru paling disiplin, penilaian untuk kategori guru paling gaul, penilaian untuk kategori guru paling humoris, penilaian untuk guru paling favorit dan lain-lain.

Pemberian penghargaan guru dengan kategori guru terfavorit mempunyai arti penting tersendiri. Kategori tersebut merupakan jelmaan dari semua kategori yang ada. Guru yang mendapat penghargaan sebagai guru terfavorit, berarti dia mempunyai kriteria yang ada pada kategori lain.   

Dengan diadakan ajang pemberian guru terfavorit, itu dapat dijadikan salah satu usaha untuk membentuk interaksi guru dengan peserta didik yang bermutu. Hal ini karena guru yang terpilih menjadi guru terfavorit mempunyai tanggung jawab moral untuk mempertangungjawabkan gelar yang disandangnya. Dan bagi guru yang tidak atau belum terpilih akan memiliki dorongan atau motivasi untuk meningkatkan potensi dirinya agar suatu saat dapat giliran terpilih sebagai guru yang terfavorit.

Dengan demikian, ajang pemberian gelar guru terfavorit mempunyai dampak yang positif. Salah satunya yaitu dapat meningkatkan interaksi antara guru dengan peserta didik yang muara akhirnya dapat meningkatkan hasil belajarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.