Berita Nasional Terpercaya

Awas, Ini Bahayanya Menyebutkan Binatang Saat Marah

0

Bernas.id – Anjing merupakan mamalia yang sering kita jumpai di mana-mana, hewan ini merupakan jenis karnivora yang tidak memilih milih, asalkan itu daging dia pasti memakannya. Untuk umat muslim memelihara anjing itu tidak boleh bahkan menyentuhnya saja najis. Imam an-Nawawi berkata ?Madzhab kami, mengatakan bahwa anjing seluruh bagiannya adalah najis, sama ada anjing terlatih atau bukan, kecil ataupun besar.” Pendapat ini juga dikatakan oleh al-Awza?i, Abu Hanifah, Ahmad bin Hanbal, Ishaq, Abu Tsaur dan Abu Ubaid ?

Lalu apabila berkata kasar dengan menyebut namanya, apakah bisa dikatakan najis? Sering sekali kita mendengar bahwa orang emosi, baik itu laki-laki maupun perempuan mereka sering berkata kasar, salah satunya menyebutkan nama hewa tadi. Apakah itu najis? Mari kita baca hadis di bawah.

An Nawawi Rahimahullah dalam kitab Al Adzkar (365) mengatakan ?Diantara lafadz yang tercela yang biasa digunakan orang untuk mencela orang yang berselisih dengannya adalah perkataan 'wahai keledai', 'wahai kambing', 'wahai anjing', atau semacamnya. Perkataan itu tercela dari dua sisi: merupakan dusta dan merupakan gangguan terhadap orang lain.? 

Sudah jelas bahwa ciptaan Allah itu untuk manusia, jangan sesekali kita berdusta hanya untuk melampiaskan amarah kita. Orang yang waras tidak usah memarahai dengan perkataan yang tidak wajar karena setiap yang kita ucapkan itu akan menyakiti kepribadiannya. Maka dari itu sebagai muslim yang baik, kita sewajarnya saja dan cukup mengucapkan istighfar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.