Berita Nasional Terpercaya

Begini Caranya Agar Anda Nyaman Bekerja di Bawah Pantauan CCTV!

0

Bernas.id – Setiap perusahaan atau perkantoran atau apa saja membutuhkan kinerja pegawai yang baik. Hal ini butuh pemantauan terhadap para pegawainya. Salah satunya adalah dengan cara memasang CCTV. Bukan hanya di perkantoran, di sekolah-sekolah pun banyak yang sudah memasang kamera tersebut. Tujuannya adalah untuk dapat mengontrol semua kegiatan pegawainya. Bahkan mungkin untuk mengetahui kecurangan dan kesalahan yang terjadi di kantor atau perusahaan. Semakin canggihnya kamera CCTV, seorang pimpinan mampu mengontrolnya hanya melalui handphone androidnya. 

Tidak semua orang dapat bekerja dengan baik melalui pantauan kamera tersembunyi. Ada yang merasa tidak nyaman dengan pengawasan itu. Sampai-sampai ada yang stres, tidak senang dengan keadaan, merasa diawasi dan sulit konsentrasi. Sebenarnya kita tak perlu merasakan hal tersebut. Buatlah diri kita tetap nyaman bagaimanapun kondisinya.

Yuk, kita ikuti tips nyaman kerja meski ada kamera yang selalu mengintai gerak-gerik kita. Salah satunya adalah bekerja dengan ikhlash dan niatkan pekerjaan kita sebagai ibadah. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW dalam buku hadits Arba?in karya Imam Nawawi Bab 1. ?Innamal a?maalu binniyaat?. Bahwa setiap amal perbuatan itu tergantung pada niatnya. ?Wa innama likullimri in manawa?. Dan tiap-tiap orang dilihat sebagaimana apa yang ia niatkan.

Bekerjalah kamu karena sesungguhnya Allah dan Rasul serta orang-orang yang beriman di antara kamu yang akan menilai. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur?an Surat At-Taubah:105, yang artinya. ?Dan katakanlah: ?Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.? 

Seiring dengan ketaatan kita kepada Allah, maka jadikanlah CCTV Allah SWT lebih canggih dari merek apapun. Pengawasan Allah bersifat hidden, tak terlihat. Yaitu malaikat yang selalu berada di bahu kanan dan kiri kita, guna mencatat amal kebaikan dan keburukan kita. Inilah kehebatan CCTV tercanggih di dunia. 

Ada tiga bentuk pengawasan Allah SWT:

Yang pertama, adalah pengawasan langsung. Allah berfirman dalam QS. Al-Mujadilah:7, bahwasanya Allah teramat dekat dengan kita. Dan pada ayat yang lain Allah SWT menegaskan bahwa sesungguhnya Allah itu lebih dekat dari urat leher kita.

Yang kedua, Allah mengawasi kita melalui malaikat-Nya, sebagaimana arti dari QS. Al-Qaf:17 berikut ini ?Ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri.?

Yang ketiga, Allah akan mengawasi kita melalui diri kita sendiri. Kenapa? Karena kita akan dimintai pertanggungjawaban apapun yang sudah kita lakukan selama kita berada di muka bumi. Untuk itu, marilah membiasakan diri bekerja sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) kita masing-masing! Jangan takut jika bos kita memasang mata-mata atau yang lebih canggih dari semua itu. Jika kita sudah terbiasa dengan kerja profesional, in syaa Allah, kita akan merasa nyaman meski tersorot kamera pengintai. Selamat bekerja!

Leave A Reply

Your email address will not be published.