Berita Nasional Terpercaya

Jadikan Momen Ditinggal Orang Terkasih sebagai Ajang Memperbaiki Diri

0

Bernas.id – Kehilangan orang yang paling kita kasihi, pasangan, orang tua, kekasih, atau sahabat tentulah bukan hal yang dapat dilewati dengan mudah. Banyak kenangan yang akan terbayang dan berputar kembali dalam ingatan kita. Namun, hidup kita pun perlu terus berlanjut. Kita tak bisa selamanya ada dalam lingkaran kesedihan. Kondisi kehilangan sebenarnya dapat menjadi waktu terbaik untuk kita introspeksi dan mengembangkan diri. Bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan singkat berikut ini:

Izinkan diri untuk mersakan sedih
Biarkan diri Anda merasakan kesedihan. Sedih adalah perasaan yang alami dan sangat wajar saat Anda merasa kehilangan. Saat Anda membiarkan rasa sedih tersebut terluapkan dari hati Anda, yang selanjutnya Anda rasakan adalah kelegaan karena tekanan emosi negatif sudah Anda lepaskan. Namun, jangan meratapi kepergiannya. Tuhan tentu paling mengetahui segala yang terbaik bagi Anda dan orang-orang yang Anda kasihi. 

Doakan
Pada awalnya mungkin Anda berdoa sambil menangis dan dunia seakan berhenti berputar. Banyak berdoa saat raganya tak lagi ada di dekat Anda adalah cara terbaik dan paling ampuh untuk meredakan rasa sedih. Doa akan menguatkan diri Anda menghadapi rasa kehilangan. Tapi jangan berhenti berdoa. Berdoalah untuk kebaikan bagi Anda dan orang yang Anda kasihi. Berdoa agar Anda diberi kekuatan melewati masa berduka dan diberi kehidupan lebih baik setelahnya. 

Mengalir layaknya air
Biarkan perasaan Anda mengalir layaknya air. Nikmati saja setiap rasa sedih yang Anda rasakan. Nikmati juga kenangan yang sudah Anda lalui dengannya. Jangan paksakan diri Anda harus menghentikan rasa sedih. Ikuti saja, namun jangan meratapi apa yang sudah terjadi. 

Perlahan tata hati
Saat Anda mulai tenang, dan dapat menerima rasa kehilangan, perlahan mulailah tata hati Anda. Beri ruang pada yang luas dihati Anda untuk ada perasaan positif yang muncul secara perlahan. Hati Anda memang membutuhkan waktu untuk memulai suatu hubungan baru. Untuk hal itu biarkan Tuhan yang mengatur kapan waktu terbaiknya. 
 
Tata lagi hidup
Walaupun dalam situasi yang sangat menyedihkan, hidup Anda harus tetap berjalan. Keluarga, sahabat dan pekerjaan Anda selalu ada di lingkaran yang membutuhkan Anda selalu ada ditempat yang sama. Beri kesempatan untuk diri Anda untuk terus berkembang. Jadikan rasa sedih Anda sebagai motivasi untuk mengembangkan diri. Lakukan hal-hal berarti untuk kemajuan diri Anda.  Lakukan hobi Anda untuk mengalihkan perhatian. Satu hal, menulis dapat menjadi resep mujarab melewati rasa sedih Anda, lo! 

Berapa lama mengenangnya
Butuh berapa waktu untuk mengenang seseorang yang Anda kasihi pergi dari hidup Anda? Pertanyaan itu tak dapat dijawab dengan hitungan matematis. Dan tak dapat dihitung dengan melingkari kalender. Namun, hal ini ditentukan dengan bagaimana cara Anda menyegerakan diri Anda bangkit dari keterpurukan rasa sedih. Anda memiliki kekuatan untuk bangkit dari kehancuran rasa yang Anda miliki. Dan Anda harus percaya bahwa Tuhan telah mengatur segalanya untuk Anda dengan sangat baik. 

Rasa sedih dan kehilangan memang tak dapat kita hindari. Namun, itu bukan berarti kita harus terus meratap dan terpuruk dalam kesedihan yang kita miliki. Semakin cepat kita bangkit, menunjukkan semakin dewasa kita dalam menyikapi sebuah kehilangan yang kita hadapi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.