Berita Nasional Terpercaya

6 Cara Menyikapi Kegagalan Pelajar. Nomor 3 Sering Dilupakan!

0

Bernas.id – Semua orang pasti pernah mengalam kegagalan. Tidak terkecuali para pelajar. Mereka sudah berikhtiar keras dengan cara giat belajar, mengikuti bimbingan belajar baik secara langsung maupun bimbingan belajar online, meningkatkan ibadah dan doa. Namun ketika menghadapi ulangan harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester ternyata hasilnya belum sesuai dengan yang mereka harapkan.

Kegagalan mereka meraih prestasi saat ini bukanlah sesuatu yang buruk, asalkan para pelajar itu berpikiran positif. Mereka jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan mengevaluasi dirinya untuk bangkit meraih kesuksesan di masa mendatang.

Baca juga: Hunian Eksklusif DP Cuma 5%, Angsuran Rp1 Jutaan!

Cara Menyikapi Kegagalan Pelajar

Ada 6 cara bagaimana seharusnya para pelajar itu menyikapi kegagalan kemudian mengubahnya menjadi kesuksesan di kemudian hari.

1. Mengakui Kegagalan dan Menerima Tanggung Jawab

Para pelajar harus benar-benar memahami mengapa dan bagaimana kegagalan itu terjadi dan menerima akibat kegagalan tersebut. Selanjutnya mereka                  menyiapkan strategi agar kegagalan tidak terjadi kembali.

2. Jangan Takut Menghadapi Kegagalan

Para pelajar hendaknya berani mencoba sesuatu, meskipun gagal. Lebih baik gagal tetapi melakukan sesuatu daripada tidak melakukan sesuatu. Implementasi dalam KBM adalah pelajar berani mencoba mengerjakan soal-soal yang ditugaskan guru, meskipun salah dan gagal. Dari kegagalan tersebut pelajar bisa mengetahui bagaimana kesalahannya dan sukses meraih nilai optimal ketika ulangan tiba.

Baca juga: Cerita Para Pelajar tentang Pandemi Virus

3. Kegagalan Merupakan Proses Belajar

Kegagalan adalah suatu proses yang dilalui  pelajar sebelum dia berhasil. Mereka menyadari bahwa kegagalan merubakan proses belajar untuk menggapai kesuksesan di masa mendatang. Orang yang sukses kebanyakan mengalami kegagalan terlebih dahulu.

4. Kegagalan Berarti Menambah Pengalaman

Kegagalan yang diterima pelajar membuat mereka mendapatkan suatu pengalaman baru dan bisa mencoba untuk berusaha dengan cara yang lain agar tidak gagal seperti cara sebelumnya.

Baca juga: Investasi Kavling Menguntungkan – Siap Terima SHM Cuma 60 Jutaan – 3 Km ke Pusat Bogor Timur

5. Kegagalan Bukanlah Hal yang Sia-sia

Kegagalan adalah pelajaran yang berguna untuk menggapai kesuksesan.Tanpa mengalami kegagalan, para pelajar tidak akan tahu bagaimana cara mencapai kesuksesan. Ada masanya pelajar itu mengalami kegagalan. Namun pada akhirnya mereka akan menikmati kesuksesan.

6. Hindari Mengeluh dan Frustasi Karena Kegagalan

Para pelajar yang mengalami kegagalan hendaknya jangan larut dalam kesedihan berkepanjangan dan frustasi. Jadikan kegagalan tersebut untuk kembali bangkit dan terus berusaha pantang menyerah hingga meraih kesuksesan di kemudian hari.

Dengan mengetahui dan memahami bagaimana menyikapi kegagalan ini, para pelajar diharapkan berpikir positif, introspeksi dan bertanggung jawab, sehingga bisa mengubahnya menjadi kesuksesan. Baik sukses di bidang akademik maupun non akademik dalam kehidupan mereka di bidangnya masing-masing di masa yang akan datang.

Baca juga: Pernah Jadi Pelajar dan Ikut MABIT? Ini 7 Manfaat Kegiatan 'Malam Bina Iman Dan Taqwa' di Sekolah

Leave A Reply

Your email address will not be published.