Berita Nasional Terpercaya

Punya Sahabat? Begini Cara Menakar Kualitas Persahabatan Anda!

0

Barnes.id – Menurut anda apa yang menjadi penguat jalinan persahabatan? Tentunya ada banyak hal yang bisa kita sebutkan. Mulai dari hal yang paling mendasar hingga paling sepele, masing-masing memiliki peran. Persahabatan sejatinya adalah hubungan kedekatan yang tercipta antara dua orang atau lebih dalam keakraban yang sangat dibanding sekedar teman biasa. Arti persahabatan bagi setiap orang tentunya tidak selalu sama, namun kita semua bisa memahami dan memaknainya dalam konteks kedekatan, keakraban, kepahaman serta kesetiaan.

Penggunaan istilah sahabat yang paling fenomenal di sisi umat Islam adalah kisah para sahabat Rasulullah Muhammad SAW. Siapakah para sahabat Rasulullah? Tentunya bukan sekedar orang yang hidup di masa kehidupan beliau, sebab tercatat pada saat yang sama orang kafir Quraisy yang memusuhi dan memerangi dakwah beliau pun hidup pada saat yang sama. Bahkan dari mereka yang memusuhi memiliki pertalian darah dengan beliau seperti Abu Lahab yang merupakan paman Rasulullah sendiri. Lalu, bagaimana kita bisa membedakan ciri para sahabat Rasulullah saat itu dari orang-orang yang ada di sekitarnya?

Menjawab pertanyaan ini, kita bisa menelusuri kisah mahsyur tentang mereka. Para sahabat Rasulullah adalah yang senantiasa berada di sisi beliau, menimba ilmu Islam, berdakwah dan berjihad bersama Rasulullah menegakkan Islam di jazirah Arab.Tak sedikit pengorbanan harta, raga dan jiwa dilakukan oleh mereka hingga kesetiaan mereka dipercaya telah melampaui kedekatan kepada makhluk Allah yang lain. Lebih dari itu, sikap bersegera atau tidak menunda segala sesuatu yang berkaitan dengan seruan kekasih mereka.

Kisah mahsyur di atas patut menjadi takaran bagi anda untuk melihat sejauh mana kualitas persahabatan yang sudah anda jalin dengan sahabat-sahabat anda. Seberapa besar empati anda terhadap kesulitan, kecemasan serta kedukaan yang mereka alami? Pertanyaan yang paling mendasar, apa pentingnya untuk senantiasa membersamai sahabat anda dalam suka duka? Jika jawabannya masih perkara remeh temeh tentu bukan itu persahabatan sejati yang dimaksud. Sebaliknya jika alasan anda menjalin kedekatan dengan sahabat anda adalah karena dan untuk Allah, setidaknya bisa ditakar bahwa itulah persahabatan sejati yang tak akan usang dimakan zaman.

Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.