Berita Nasional Terpercaya

Industri Kreatif Bertumbuh, Dari Pembelian Properti Generasi Milenial

0

JAKARTA, Bernas.id – Banyaknya industri properti saat ini mengangkat pertumbuhan industri kreatif. Terlebih saat ini generasi milenial merupakan generasi yang sedang meningkat saat ini.

Meningkatnya jumlah milenial dalam membeli properti turut mempengaruhi pertumbuhan industri kreatif subsektor arsitektur dan interior. Salah satu pemain industri kreatif lokal di subsektor ini adalah Velospace & Co yang memiliki portofolio mulai dari hunian rumah, apartemen, ritel, perkantoran, hingga pergudangan.

Verik Angerik, pendiri Velospace mengungkapkan, keterbatasan lahan untuk rumah di bawah Rp1 miliar tidak membuat segmen ini mengabaikan nilai-nilai estetika dalam unsur arsitekturnya.

?Misalnya pemilihan warna dinding, sangat berpengaruh terhadap estetika ruangan dengan luasan terbatas karena dapat mempengaruhi psikologis penghuninya. Selain itu efisiensi ruangan juga menjadi fokus yang diperhatikan saat menata produk-produk hunian berukuran terbatas,? jelas Verik melalui siaran pers, Minggu (10/12/2017).

Lebih lanjut Verik mengatakan, pasar milenial lebih melihat pada ide dan keunikan sebuah desain properti, meski soal harga bergantung dari daya beli masing-masing. Saat ini, rumah di bawah Rp1 miliar cenderung memiliki luas terbatas sehingga seolah-olah tidak bisa dikreasikan dengan konsep interior yang menarik.

Untuk itu, lanjut Verik, kebutuhan akan jasa arsitek dan desain interior juga meningkat seiring dengan bertumbuhnya permintaan residensial high-end, perkantoran, perhotelan, hingga ritel atau ruang usaha.

?Tidak saja karena kebutuhan milenial, secara umum, permintaan produk turunan properti lainnya juga mempengauhi pertumbuhan permintaan jasa industri kreatif seperti arsitektur dan interior. Ini yang kami rasakan sejak dua tahun terakhir,” imbuhnya.

Meski pemain subsektor ini cukup banyak yang merupakan pemain asing, namun secara kualitas, arsitek dan desainer lokal tidak kalah dengan penyedia jasa dari luar.

?Kita memiliki daya saing yang cukup tinggi. Soal kreatifitas, Indonesia punya banyak talent-talent di industri kreatif. Dan tahun 2018 ini bisa menjadi momentum untuk kita para pemain sub sektor ini untuk semakin solid.” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.