Berita Nasional Terpercaya

Liburan Tiba, Saatnya Menggali Bakat dan Minat Anak Sesuai Bakat dan Minatnya

0

Bernas.id – Sebentar lagi liburan semester tiba. Banyak yang sudah merencanakan perjalanan ke luar kota atau luar negeri. Tetapi, banyak juga yang ingin menghabiskan liburannya di rumah. Nah, untuk yang tidak bepergian, tentunya tidak disarankan untuk menghabiskan waktu libur dengan bermain video games. Justru di saat inilah, waktunya orang tua untuk menggali apa bakat dan minat anak yang bisa dikembangkan. Hal ini perlu karena setiap anak pasti membutuhkan wadah untuk mengekspresikan diri dan meraih prestasi.  Nah, kira-kira kegiatan apa yang bisa dipilih?

Untuk penyuka hal-hal yang berbau robot dan komputer, saat ini sudah banyak kursus yang dikhususkan untuk mengembangkan bakat anak di bidang tersebut. Untuk yang menyukai komputer, biasanya ada kegiatan kursus singkat membuat games yang bisa dimanfaatkan. Sehingga, anak tidak saja bermain games, tetapi juga bisa menciptakan games sendiri. Kursus membuat games atau kursus coding juga ada yang tersedia dalam jaringan internet (online), seperti yang diprakarsai oleh https://code.org. Bila anak menyukai bongkar pasang robot, ada kursus robotik yang bisa dimanfaatkan untuk melihat apakah anak berbakat di bidang mekanis.

Untuk penyuka kesenian, seperti menggambar, bisa mulai diarahkan untuk mengambil kelas-kelas ilustrasi seperti kelas manga. Bisa juga bergabung dengan komunitas ilustrasi, yang setiap akhir minggu berkeliling ke berbagai tempat untuk menggambar obyek-obyek setempat. Bila anak cenderung pada musik, bisa coba mencari komunitas-komunitas musik di sekitar wilayah tempat tinggal. Biasanya ada komunitas musik yang bermain bersama setiap akhir minggu di taman terbuka atau tempat latihan tertutup.

Untuk yang menyukai olahraga, bisa mulai dicoba untuk bergabung dengan klub olahraga yang diminati anak. Saat ini berbagai klub olahraga bertebaran di berbagai kota. Dari futsal, basket, bela diri, hingga yang menggunakan alat seperti panahan. Biasanya banyak club memanfaatkan liburan untuk menjaring member baru dengan memberi harga khusus untuk belajar selama liburan.

Bagaimana untuk yang menyukai menulis? Beberapa workshop menulis untuk anak sering diadakan selama liburan. Bila belum ada tersedia di lingkungan dekat rumah, bisa memanfaatkan platform menulis sekaligus dipublikasikan seperti Storybird. Di Storybird, anak bisa membuat ilustrasi dan ceritanya sendiri, atau anak bisa menggunakan gambar yang tersedia untuk dibuat cerita versinya sendiri.

Nantinya, setelah liburan berakhir, ajak anak berkomunikasi apakah kegiatan ingin tetap dilanjutkan atau tidak. Tentunya, bila anak tetap ingin dilanjutkan, harus berjanji tetap komitmen berlatih dan tidak mudah menyerah. Selain itu, komitmen kegiatan belajar sekolah tetap harus diprioritaskan. Selain menggali bakat dan minat anak, dengan bergabung ikut komunitas, anak akan memiliki banyak teman baru yang sama minat bakatnya, sekaligus menggali keinginan berkompetisi meraih prestasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.