Berita Nasional Terpercaya

Guru Zaman Now? Jangan Salah Fokus!

0

Bernas.id ? Kadang kita sering salah dalam menentukan fokus. Fokus dengan yang A otomatis tidak akan bisa fokus dengan yang B. Karena kita tidak bisa fokus pada dua yang berbeda, fokus itu hanya pada satu titik.

Antara kebaikan dan keburukan misalnya, jika menit ini kita fokus melakukan kebaikan, maka waktu ini pun keburukan menepi dengan sendirinya. Karena kita tidak akan mampu fokus dengan kebaikan sekaligus keburukan pada satu waktu. Tinggal pilih, fokus pada kebaikan atau fokus pada keburukan?

Menjadi guru berarti harus paham dengan kewajiban yang harus difokuskan, bukan malah mengabaikan dan melupakan apa yang menjadi kewajiban. Kewajiban guru yang harus difokuskan itu ada tiga:

1. Fokus dengan perencanaan.

Seorang guru wajib membuat perencanaan, dan harus mempunyai waktu khusus untuk menyusun rencana pembelajaran. Gunanya adalah sebagai bekal persiapan mengajar, agar tidak bingung ketika berada di dalam kelas. Jika seorang guru sudah fokus dengan perencanaan, bisa dipastikan tidak akan ada yang namanya mengajar tanpa arah.

2. Fokus dalam mengajar.

Seorang guru mempunyai kewajiban mengajar siswa-siswinya. Ketika seorang guru sudah fokus dalam mengajar, pasti yang akan menerima pelajaran juga bisa fokus. Bukan fokus dengan benda-benda lain yang dapat mengganggu konsentrasi, handphone misalnya.

3. Fokus untuk mengevaluasi.

Seorang guru wajib melakukan evaluasi hasil belajar siswa. Tujuannya adalah agar guru bisa mengetahui sejauh mana pencapaian siswa-siswinya, adakah yang melambung naik, tetap di tempat, atau malah terjun bebas. Jangan sampai seorang guru gagal fokus dalam mengevaluasi, karena ini sangat penting agar tidak ada dusta antara guru dan murid.

Memilih fokus dengan kewajiban yang sudah diembankan adalah tugas semua orang. Jika kita adalah seorang guru berarti harus paham dengan kewajiban yang harus difokuskan. Semoga para guru tidak pernah mengabaikan kewajibannya sebagai guru.

Selamat menjadi guru zaman now yang tidak salah fokus.

Leave A Reply

Your email address will not be published.