Berita Nasional Terpercaya

Berpikir Besar, Jangan Takut untuk Bermimpi

0

Bernas.id – Ryo Juara menceritakan kegemarannya membaca buku-buku biografi yang berisi cerita perjalanan hidup tokoh-tokoh besar. Dari kisah-kisah tokoh besar ini, ia pun memetik nilai-nilai hidup dan terinspirasi untuk menulis alur cerita hidupnya sendiri. Kisah tokoh-tokoh besar itu pun juga menjadi titik balik kehidupannya ketika berproses sehingga bisa menjadi seperti sekarang ini.

?Saya suka membaca buku orang-orang besar dan sukses. Saya berpikir bahwa rencana hidup semestinya kita sendiri yang menentukan. Ada pun hasilnya tergantung Allah. Jadi, saya membuat cerita hidup saya sendiri saat awal masuk kuliah dengan jualan jajanan dari pasar ke kos waktu masih mahasiswa semester 3 dan sampai lulus pun jatuh bangun dunia bisnis pernah saya lalui, mungkin lebih dari 10 kali,? ungkapnya ke Bernas.

Menjadi wirausaha dan konsultan bisnis UKM merupakan pilihan pekerjaan sesuai passionnya untuk mengisi rutinitas sehari-hari. Tahun 2016, ia memutuskan kembali ke Solo untuk mempraktekkan keilmuan yang didapat. Diakuinya, ia merasa lebih tepat berbisnis di bidang jasa, yaitu pilihan jasa kurir yang dipilihnya sebagai solusi bagi pelaku usaha termasuk UMKM dalam proses pengiriman barangnya, sekaligus membantu  media promosinya. Ia pun juga sering diminta menjadi pembicara (public speaker) di event-event. Ya, menjadi wirausaha muda dan motivator memang merupakan cita-cita dan impianya. ?Suatu saat nanti jadi public figur,? imbuhnya.

Dikatakan, hobinya 3B, yaitu Berbagi, Berorganisasi, dan Berwisata. Ketiganya diakuinya sangat berpengaruh pada kesuksesannya. Semakin banyak berbagi/ sharing akan semakin haus untuk belajar dan menambah skill dan wawasan. Dengan berorganisasi akan menambah banyak relasi dan peluang untuk menumbuhkan bisnis, termasuk berwisata, pikiran selalu happy dan mendapatkan ide-ide segar untuk terus berinovasi. Untuk pengalaman unik di pekerjaan, ia menyebut bisa bekerja dengan idolanya semasa kuliah.

?Ketika saya awalnya ngefans sama Pak Andrie Wongso sebagai Motivator No 1 Indonesia dan setelah lulus kuliah 2011 justru menjadi asisten beliau. Saya yang setiap seminar, shooting, meeting selalu membersamai. Jadi, baik di Jakarta, luar kota, luar Jawa, bahkan luar negeri selalu kami lalui bersama,? jelasnya.

Untuk permasalahan yang paling sering dihadapi dalam pekerjaannya, ia ingin menggalakkan UKM agar menggunakan layanan jasa antar secara online.

?Mengedukasi teman-teman pelaku usaha untuk menggunakan layanan jasa antar, terutama penggunaan sarana online dan digital. Kami sering mengajak mereka ke training dan workshop  untuk memberi gambaran kemajuan era teknologi dan bagaimana peluang dan tantangannya. Untuk tantangan pekerjaan ke depan, saya tahu bahwa persaingan bisnis kian ketat, kompetitor mulai dari yang sekedar ingin mencoba-coba maupun dengan bermodal besar selalu bermunculan. Saya dan tim tentu tidak berhenti berinovasi dan harus pandai memainkan peluang. Pendekatan ke mitra dan pelanggan terus dilakukan dengan penawaran yang saling menguntungkan,? terangnya.

Ia pun meyakini bidang pekerjaan yang digeluti ini penting dilakukan dan dibagikan kepada masyarakat. ?Sangat penting, karena laju perekonomian yang semakin menggeliat ini tentu akan membawa peluang besar pada industri delivery order atau layanan pesan antar. Bisa dibayangkan makin banyaknya permintaan dari konsumen, tentu pihak produsen akan lebih fokus mempertahankan kualitas produknya, disinilah peran industri distribusi menjadi penting karena bagian dari solusi,? urainya.

Semangat berbagi menjadi habit khusus yang dibangunnya selama ini untuk mendukung pekerjaannya. ?Semangat berbagi, baik itu keilmuan, pengalaman, maupun spirit kepada semua. Seperti visi hidup yang saya yakini sejak kuliah sampai sekarang, yaitu menjadi inspirasi dan motivasi bagi banyak orang untuk meraih kesuksesan. Untuk mengembalikan mood agar kembali bersemangat bekerja, saya membuka kembali album prestasi dan catatan impian-impian saya sejak awal meniti karir. Saya sadar bahwa motivasi diri menjadi modal utama dalam keberhasilan seseorang jika ingin sukses. Selain itu tetap belajar pada senior dengan mengikuti sesi sharing lewat apa pun,? bebernya.

Konsultan bisnis ini memberikan inspirasi dan sarannya kepada orang yang membaca kisahnya ini. ?Berpikir besar, jangan takut untuk bermimpi. Mulailah melakukan langkah-langkah menuju sukses. Perjuangkan apa pun yang kita akan hadapi didepan dengan optimis hingga sukses. Untuk saran kepada orang yang ingin meraih kesuksesan, bersikap pembelajar, ambil segala inspirasi dari setiap hal dan siapa pun. Kerjakan bagian tugas kita dengan enjoy dan sepenuh hati. Pandai-pandailah bersyukur dan tetap rendah hati tetapi semangat perbaikan dan kemajuan senantiasa menyertai,? tukasnya.

Untuk tokoh yang diidolakan atau yang membuat termotivasi, ia menyebut Andrie Wongso karena telah banyak memberikan pembelajaran ?ilmu kehidupan? kepadanya. Bagaimana cerdas hidup dan menyikapi setiap hal dengan mental pemenang. Terkait lingkungan yang memengaruhi, lingkungan sangat berpengaruh. Bersyukur semenjak SMP sampai sekarang sering berada pada lingkungan para aktivis, yang suka menyibukkan diri pada kegiatan positif. Hal itu mempengaruhi saya agar selalu berada pada rel yang menuju tercapainya impian-impian saya. Untuk pencapaian yang paling membanggakan, mendaftarkan orang tua naik haji, mengajak keluarga jalan-jalan ke luar negeri, mempunyai banyak tim di bisnis dan terus berbagi spirit juga motivasi pada semua orang,?paparnya.

Untuk penghargaan khusus yang sudah diterima selama ini, ia menyebut ada beberapa. ?Salah satunya sebagai penerima TOYP (Ten Outstanding Young Person 2016) pada kategori Academic Leadership and/ or Accomplishment. Banyak nama-nama besar yang mendapatkannya, saya beruntung salah satunya. Motto hidup saya, 3T: True Learner, True Leader, True Winner. Menjadi pembelajar sejati, belajar tak kenal kata ?tapi?dan ?nanti?. Menjadi pemimpin sejati karena bagi saya tidak ada kesuksesan yang bisa diraih tanpa keterlibatan tim. Menjadi pemenang sejati karena targetnya adalah juara. Tentu prosesnya pun harus dengan cara-cara seorang juara, yaitu benar dan baik,? paparnya.

Entepreneur ini membocorkan project dalam waktu dekat dan impiannya ke depan. ?Untuk project, membuat wadah bagi potensi dan bakat anak muda untuk dipromosikan kepada pengguna jasa. Jadi bentuknya ?website based business? yang mengakomodir kemampuan anak muda, seperti jasa desain, jasa arsitek, jasa programmer, jasa akunting, jasa teknik, dsb untuk dipertemukan dengan yang membutuhkan jasanya. Untuk impian, menjadi jembatan jutaan pemuda mendapatkan passion, kesempatan dan kemakmuran dari bidang jasa yang kami kembangkan,? pungkasnya. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.