Berita Nasional Terpercaya

Menhub Mau LRT di Palembang Bisa Jadi Lifestyle Masa Depan

0

PALEMBANG, Bernas.id ? Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengharapkan kehadiran Light Rail Transit (LRT) di Palembang bisa menjadi gaya hidup masyarakat. Budi yakin dengan mengarahkan masyarakat ke LRT bisa mengurangi kemacetan.

“Karena ini lifestyle butuh kesadaran bahwa LRT itu angkutan masa depan. Warga Palembang beruntung bisa mendapatkan LRT sebelum kemacetan itu begitu banyak,” ujar Menhub Budi Karya ketika mengunjungi proyek LRT di Palembang, Senin (11/12/17).

Menhub Budi mengungkapkan perlunya sosialisasi mengenai penggunaan angkutan massal seperti LRT ini. “Jadi dengan sosialisasi tumbuh pola masyarakat menggunakan LRT dan mengurangi penggunaan mobil kecil dan kendaraan roda dua. Lifestlye ini harus disampaikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Namun, menhub akan menyediakan transportasi penghubung yang terintegrasi dengan LRT. Masyarakat pun semakin dimudahkan untuk menikmati LRT.

“Jadi nanti ada feeder, maka pergerakan masyarakat lebih efisien,” kata Budi Karya.

Soal tarif, Menhub mengaku menjanjikan supaya tarif LRT ini tidak membebani masyarakat. Diperkirakan tarif LRT itu sekitar Rp 5.000. LRT mampu membelah kemacetan yang ada di kota Palembang sehingga dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II ke Stadion Jakabaring yang berjarak 23 kilometer bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar Rp 30 menit. Sedangkan, kalau ditempuh dengan mobil atau angkutan umum di tengah kondisi jalan padat, waktu yang dibutuhkan mencapai 1 jam 30 menit.

Leave A Reply

Your email address will not be published.